Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata 1

Wisata ke gunung perawan untuk melihat hewan, tumbuhan, bunga, pemandangan alam asri, termasuk melakukan penelitian, tanpa perlu bayar tiket, bisa didapatkan di Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata.

Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata adalah suatu wahana untuk berwisata dan belajar yang berbasis tanaman, hewan, dan hutan, yang berlokasi di gunung, di Jawa Barat. Rizqi Firdaus berasal dari nama anak pertama saya, Ahmad Rizqi Ramadhan dan Rohim Nur Firdaus, anak kedua saya.

Latar belakang penciptaan wahana tersebut :

1. Semakin jauhnya generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal bahkan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia sebagai sumber kehidupan sejati bagi manusia
2. Kurangnya wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu / beruntung untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia

Tujuan :
1. Menginspirasi generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia
2. Hiburan yang sehat dan mendidik untuk keluarga saling bersilaturahmi dan lebih dekat dengan alam

Agro wana widya wisata berada di gunung / pegunungan / perbukitan yang masih asri, jauh dari campur tangan manusia. Keaslian alam semaksimal mungkin dipertahankan di mana akses ke lokasi masih mengandalkan kondisi alam yang asli. Kawasan ini dikembangkan berawal dari pucuk gunung / bukit dengan kemiringan 30-45o, ketinggian sekitar 75 meter dari bawah kawasan dan diameter sekitar 150meter, dengan luas sekitar 40.000 meter persegi.

Fasilitas wahana dibagi menjadi 8 sektor, yaitu :
1. Sektor hutan asli
2. Sektor air terjun & sungai
3. Sektor hutan konservasi A
4. Sektor hutan konservasi B
5. Sektor budidaya tumbuhan
6. Sektor budidaya hewan
7. Sektor zona anak-anak
8. Sektor zona dewasa

Sektor hutan asli berupa hutan alam asli yang belum pernah dijelajahi apalagi ditebang. Tujuannya adalah untuk memperoleh ekosistem alam asli sehingga semaksimal mungkin didapatkan tunbuhan dan hewan asli hutan tersebut. Sektor ini digunakan HANYA untuk melakukan berbagai penelitian oleh pribadi maupun institusi (IPB, UI, UGM, dan lain-lain) setelah mendapat izin. Penilitian dilakukan tanpa dipungut biaya untuk memasuki sektor hutan namun dengan syarat utama hasil penelitian harus boleh untuk dipublikasikan oleh kami dalam berbagai bentuk (hardcopy, softcopy, web) untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Lisensi atau paten atau sejenisnya tetap menjadi milik sepenuhnya pihak peneliti. Saat ini saya sangat prihatin bahwa para peniliti dan institusi yang dapat melakukan penelitian dan pihak yang memiliki potensi dokumentasi belum secara maksimal melakukan publikasi hasil penelitian mereka melalui internet. Semoga melalui wahana ini, lebih banyak hasil penelitian yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara benar, mudah, dan murah.

Sektor air terjun & sungai berupa hutan alam asli. Sektor ini dapat untuk melakukan penelitian seperti di atas. Selain itu dimanfaatkan untuk melakukan penjelajahan alam oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya.

Sektor hutan konservasi A dan B berupa hutan yang boleh dijelajahi oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya. Di sektor ini pun, penelitian masih dapat dan boleh dilakukan. Sebagian pohon & tanaman hutan boleh ditebang atas pertimbangan tertentu.

Artinya separuh kawasan wahana merupakan wilayah yang semaksimal mungkin masih asri.

Sektor budidaya tumbuhan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan tanaman budidaya sesuai dengan kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, pohon, buah, bunga, dan lainnya.

Sektor budidaya hewan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan hewan budidaya sesuai kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, ternak, serangga, dan lainnya.

Sektor zona anak-anak merupakan wilayah di mana anak-anak dapat bermain dengan aman dan mendidik. Wilayah ini bersebelahan dengan sektor budidaya hewan agar anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan-hewan. Berbagai kegiatan bermain sambil belajar dapat dikembangkan di sini.

Sektor zona dewasa merupakan wilayah di mana orang dewasa dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan alam. Wilayah ini dapat berupa bangunan-bangunan sesuai kebutuhan, seperti rumah kaca, musium, herbarium, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Untuk memasuki wilayah ini GRATIS dari tiket karena seluruh aktifitas mendapat dana dari para sponsor yang diperbolehkan memasang papan reklame / iklan dan menjual produk mereka di wilayah wahana seperti produsen pupuk & pestisida, fotografi, hotel, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak hanya dari mereka yang mampu sehingga semakin banyak orang yang dapat mengenal dan mencintai alam Indonesia tanpa perlu khawatir dengan masalah biaya.

Wahana ini sangat menitikberatkan pada publikasi berbagai tumbuhan dan hewan, pohon, pemandangan alam yang ada di kawasan melalui berbagai publikasi terutama internet (web, blog) sehingga para peneliti dapat menyampaikan semua hasil penelitiannya begitu juga para pengunjung dapat menyampaikan foto2 dan cerita pengalamannya melalui blog yang disediakan di wahana.

Wahana ini sangat tidak menekankan pada komersialisasi, kebahagiaan untuk berbagi merupakan hal sangat penting di sini. Namun bukan berarti untuk mewujudkan dan mengelola dapat dijalankan dengan tidak profesional, tanpa dana yang jelas. Kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat meluaskan segala hal positif yang ada di kawasan tanpa dipungut biaya komersial sangat diutamakan. Para donatur atau simpatisan yang percaya dapat memberikan partisipasi mereka dalam berbagai bentuk seperti kemudahan / fasilitas, dana, hewan, tumbuhan, tulisan, dan masih banyak lainnya.

Kami berusaha untuk memberikan wahana mengenal dan mencintai hewan, tumbuhan, hutan, gunung, alam Indonesia seluas-luasnya dari berbagai pihak untuk berbagai pihak dengan menekankan pada kebersamaan dengan sangat tidak menekankan komersialisasi. Kami berusahan agar suksesnya wahana ini dapat menjadi tabungan akhirat.

Saat ini yang dapat saya lakukan di sela kegiatan rutin saya adalah membuat blog ini di mana diharapkan sedikit bisa membantu siapa saja yang membutuhkan. Blog ini merupakan gambaran kecil dari Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata yang saya impikan. Saya sangat awam di bidang usaha apalagi pengelolaan kawasan di atas. Saya juga tidak memiliki dana dan masih mencoba menabung semampu saya di mana minimal 200 juta rupiah untuk hanya pembelian lokasi. Saya masih harus banyak belajar. Namun saya memiliki keyakinan kuat, jika mimpi saya ini dapat terwujud atas izin Tuhan melalui berbagai cara termasuk bantuan rekan-rekan yang memiliki visi seperti yang baik termasuk para blogger yang memiliki blog yang menjadi inspirasi saya. Bagi mereka yang ingin membantu mewujudkan mimpi saya, silahkan memberikan komentar dan masukan apapun. Amin 7x.

Di bawah ini, inspirasi dari rancangan Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata.

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata😆

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata 2 :lol:

https://i1.wp.com/srv.fotopages.com/2/20790800.jpg

Link yang bagus :

http://www.flowers-gardens.net

http://kembangku.wordpress.com

http://fineartamerica.com/profiles/baslee-troutman.html

http://visuallens.wordpress.com/tag/flower/; http://visuallens.wordpress.com/tag/flower-photography/; http://visuallens.wordpress.com/tag/bunga-raya/; http://visuallens.wordpress.com/tag/hibiscus/; http://visuallens.wordpress.com/tag/hibiscus-flower/

http://colinjong.com/category/garden/

http://blogdi.wordpress.com/category/adenium/; http://blogdi.wordpress.com/category/aglonema/; http://blogdi.wordpress.com/category/bunga/; http://blogdi.wordpress.com/category/euphorbia/; http://blogdi.wordpress.com/category/kebun/;

http://id.wordpress.com/tag/unknown-plant/; http://id.wordpress.com/tag/tanaman-hias/ untuk http://jepretanhape.wordpress.com

http://rianiflower.wordpress.com

http://www.flickr.com/photos/martin_heigan/sets/72157594229096037/

http://www.willheal.com/home.html

http://www.cookingmomster.com/?cat=32

42 Tanggapan

  1. mantap bro..

  2. terima kasih sudah mampir. semoga terwujud …🙂

  3. wowwwww
    keren sekali..
    menyenangkan sekali bisa berkunjung ke tempat itu.
    indah
    sejuk
    betah deh kayaknya kalau bisa menikmati alam dan lingkungan seperti itu.

  4. Wahh mantap ..pak
    Semoga semakin sukses…

    Btw : berarti gunungnya sudah ngga perawan pak, kan sudah bapak olah jadi kawasan wisata🙂

    • wah bacanya kecepetan …
      hutan wisata di atas masih konsep, adapun foto2 tsb adalah inspirasi kira2 nanti inginnya dibuat seperti itu dengan berbasis hutan & gunung asri … jadi gunung perawannya malah masih dicari …

      terima kasih sudah mampir …😆

  5. Hebat pak…semoga cita-cita anda bisa terwujud.

    http://oddityroom.wordpress.com/

  6. moga bisa terwujud ya

  7. Hi Richocean,
    Educational site with information and photos.Thank for your visit to my site and you can link to my blog.

    Selamat Hari Raya
    Visuallens

  8. kangen sama suasana alam yang masih bener2 segar..🙂

    salam kenal pak.🙂

  9. Konsep yang menarik dan akan menjadi salah satu piliha wisata di jawa barat.. semoga bisa terwujud ya.. Pak

    salam kenal juga..🙂

    • terima kasih doa-nya.
      sebenarnya bisa diwujudkan di mana saja krn saya sampaikan konsep rencana yg cukup jelas … silahkan dicoba ….

      terima kasih sudah mampir.😆

  10. minal aidzin wal faidzin…maaf lahir & batin…

    terima kasih sudah mampir ke blog saya…

    Sipp….Iya…suasana lain buat liburan nih….

    Salam Kenal Juga…:)

  11. Blog ini bagus sekali. Untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia, ada baiknya ditulis pula dalam bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya.

  12. sy mhn ijin link di http://wisatasekadau,blogspot.com

    trim’s atas kunjungannya di blog sy

  13. I dont know If I said it already but …I’m so glad I found this site…Keep up the good work I read a lot of blogs on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say GREAT blog. Thanks,🙂

    …..Frank Scurley

  14. siip. sudahnya saatnya desa jadi tempat dan tujuan wisata biar ekonomi tersentra di desa. ayooooo kuatkan ekonomi pedesaan bangun wisata berbasis alam

  15. Mas, aku berkunjung ke blogmu nih… Mantab!
    Makasih juga udah kunjungi blogku.

  16. nice picture,,,,,nice flower,,,,

  17. ssiiiip……. sungguh indah, smoga bisa terwujud…..

  18. blognya keren abis….

  19. mantap kang, bisa jadi inspirasi saya thanks abot ya.

  20. banyak foto bole nimpe nih!

  21. bolehkah saya meminta alamat email, no telp dan lokasi pastinya? saya berencana ingin datang berkunjung.

    • terima kasih minatnya … namun jika dibaca lebih cermat … lokasi tsb adalah keingian saya, yg sampai saat ini belum terwujud ….

      karena masih belum ada dana dan yg berminat menyandang dana …

      mohon maaf …

  22. saya juga punya mimpi seperti bapak, ingin membuat agrowisata di tempat kelahiran saya.
    mudah2an mimpi kita terwujud ya pak.
    amiinn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: