Kebun Botani Puspiptek Serpong

Kebun Botani Puspiptek Serpong adalah sebuah kawasan kebun botani yang menyatu dengan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong. Ruang hijau di kawasan ini dimanfaatkan untuk ditanami berbagai jenis tumbuh-tumbuhan khas Indonesia. Kawasan kebun botani puspiptek Serpong memiliki luas kurang lebih 9 hektar.

Kebun Botani Puspiptek Serpong terletak 27 km di sebelah Barat Daya Jakarta dan 40 km di sebelah barat Bogor,menyatu dengan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong. Ruang terbuka hijau di antara gedung-gedung di kawasan ini dimanfaatkan untuk koleksi jenis tumbuh-tumbuhan Indonesia, sehingga secara keseluruhan kawasan ini merupakan Kebun Botani.

Disini pula akan ditanam jenis-jenis tumbuhan yang umum terdapat ditiap propinsi di Indonesia. Kebun Propinsi ini adalah merupakan bagian dari Program Kebun Botani di Puspiptek yang jangkauannya lebih dari sekedar penataan lingkungan tetapi juga mengemban fungsi konservasi sumberdaya genetika tumbuhanyang dalam beberapa tahun terakhir terus menerus mengalami pengikisan (erosi genetik).Karena itu koleksinya perlu dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambahnya, guna dapat dimanfaatkan secara lestari untuk menunjang rekayasa genetik yang diperlukan bagi pembangunan Nasional.

i tengah-tengah kawasan Puspitek Serpong dikembangkan bagian seluas 9 hektar untuk Kebun Propinsi, tempat memperkenalkan dan melestarikan semua jenis tumbuhan yang pernah diusulkan menjadi pengenal propinsi (Sastrapradja & Rifai, 1984) yang kemudian ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai tanaman penjati diri propinsi (1989).

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: