Taman Nasional Luar Indonesia

Kebun Raya Nasional Belgia (bahasa Belanda: Nationale Plantentuin van België, bahasa Perancis: Jardin botanique national de Belgique) terletak di wilayah Kastil Bouchout, dekat kotamadya Meise, tepat di utara Brusel. Kebun Raya Nasional Belgia merupakan salah satu kebun raya terbesar di dunia dengan koleksi tumbuhan hidupnya yang banyak di samping herbarium lebih dari 3 juta spesimen. Kebun yang sekarang didirikan pada tahun 1958 setelah dipindahkan dari pusat Brusel. Para peneliti di taman ini mengadakan penelitian pada tumbuhan yang hidup di Belgia dan Afrika.

Kebun Raya Nasional Belgia memiliki sekitar 18.000 spesies tumbuhan — sekitar 6% dari seluruh spesies yang ditemukan di dunia. Sebagian ada di rumah kaca termasuk termasuk tumbuhan yang dibiakkan dan endemik, ada di tempat terbuka. Kebun ini dikelompokkan di sekitar kastil dan danau di ranah Bouchout.

Kebun Botani Kew (baca kyuw) atau The Royal Botanical Garden Kew (Kebun Botani Kerajaan Kew), biasa disingkat Kew Garden , merupakan lahan luas berupa taman dan rumah kaca yang terletak di antara Richmond dan Kew di barat daya London, Inggris. The Royal Botanical Gardens Kew juga merupakan nama dari organisasi yang menjalankan Kew Gardens dan taman Wakehurst Place di Sussex. Lembaga ini merupakan institusi penting yang bertaraf internasional bagi penelitian dan pendidikan botani. Saat ini memiliki sekitar 700 staf.
Central Park adalah taman umum yang luas di Manhattan, New York City. Luasnya 3,41 km² dengan bentuk lahan persegi panjang (panjang 4 km, lebar 800 m). Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan sekaligus taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika Serikat.

Central Park termasuk salah satu taman terkenal di dunia, karena taman ini sering dijadikan lokasi film dan bahan liputan di televisi. Pengelolanya adalah organisasi swasta nirlaba Central Park Conservancy yang dikontrak oleh Departemen Taman dan Rekreasi New York City.

Taman Golden Gate terletak di San Francisco, California, Amerika Serikat. Taman ini merupakan taman yang paling banyak dikunjungi ketiga di seluruh Amerika Serikat dengan jumlah pengunjung tahunan sebanyak 13 juta orang. Taman seluas 4,1 km² ini lebih luas daripada Central Park di New York.Sekitar 1860-an, para penduduk San Francisco merasa perlu memiliki taman umum. Kemudian dipilihlah tanah di dekat selat Golden Gate yang terkenal dengan jembatannya, untuk dibangun sebuah taman. Tujuan taman ini, selain sebagai tempat rekreasi, juga untuk menarik para penduduk untuk mengembangkan wilayah barat kota San Francisco.

Danau Plitvice merupakan sebuah taman nasional di Kroasia, yang terletak di 44.85° U 15.62° T . Sungai Korana telah membentuk 20 danau hambatan batu kapur dan kapur. Di antara danau-danau tersebut membentuk air terjun dan “cascade” yang luar biasa. Dan juga salah satu hutan tua di Eropa. Plitvice telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979.

Seoraksan atau Gunung Seorak adalah puncak tertinggi dari barisan pegunungan Taebaek yang terletak di propinsi Gangwon, di sebelah timur Korea Selatan. Gunung Seorak berada dalam Taman Nasional Gunung Seorak dekat dengan kota Sokcho. Seoraksan adalah gunung tertinggi ke-3 di Korea Selatan setelah Gunung Halla di Jeju dan Gunung Jiri di propinsi Gyeongsang Selatan. Puncak Gunung Seorak dinamakan Daechongbong yang mencapai ketinggian 1.708 meter dari permukaan laut. Rangkaian Taebaek seringkali dianggap sebagai tulang punggung semenanjung Korea.

Gunung Seorak menarik banyak wisatawan domestik dan asing sepanjang tahun, namun puncak kunjungan terjadi pada musim gugur ketika dedaunan menjadi berwarna warni. Kecantikan musim gugur Seoraksan dianggap sebagai salah satu pemandangan musim gugur tercantik di Korea. Dedaunan hutan yang merah dan kuning mewarnai batu-batuan gunung dan aliran mata air mengalir dari sini. Pada musim hujan, terutama saat terjadinya taifun, aliran-aliran mata air itu mengalir deras.

Taman Nasional Kakadu adalah taman nasional yang terletak di Australia Utara, 171 km sebelah timur Darwin. Taman Nasional Kakadu terletak di daerah sungai Alligator di Australia Utara. Taman Nasional Kakadu menutupi area seluas 19.804 kilometer persegi, terbentang hampir 200 kilometer dari utara ke selatan dan lebih dari 100 kilometer dari barat ke timur. Taman Nasional ini sebesar Israel, sekitar sepertiga besar Tasmania, atau setengah dari besar Swiss.

Taman Nasional Goa Carlsbad adalah Taman Nasional Amerika Serikat yang berlokasi di bawah Pegunungan Guadalupe yang terletak di sudut tenggara New Mexico, Amerika Serikat dengan kota terdekat di Carlsbad, New Mexico. Labirin alami yang terletak di bawah tanah ini memiliki areal ±189.26 km². Memiliki 76 goa yang terpisah, dan banyak wilayah sekeliling yang belum dijelajahi.

Goa Carlsbad memiliki tiga tingkat ke bawah, rata-rata 750,9 kaki (230.27 m) dam 1.320 kaki (400 m) di bawah permukaan tanah. Kawasan terdalam terdapat di kedalaman 1.565 kaki (480 m) di bawah permukaan.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, (Bahasa Vietnam: Vườn quốc gia Phong Nha-Kẻ Bàng) adalah taman nasional penting yang dapat ditemukan di Vietnam selatan,Provinsi Quang Binh, sekitar 500 km sebelah slatan dari Hanoi, 1200 km sebelah utara dari Kota Ho Chi Minh. Taman Nasional ini melindungi salah satu daerah terbesar hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa di Vietnam. Taman nasional Phong Nha-Ke Bang adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang dilindungi pada tahun 1986 sebagai dua sektor, Phong Nha dan Ke Bang.

Yellowstone National Park adalah taman nasional di Amerika Serikat. Terletak di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho. Meliputi 3.468 mil² (8.983 km²). Yellowstone National Park merupakan taman nasional tertua di dunia, didirikan pada tanggal 1 Maret 1872 saat Presiden Amerika Serikat Ulysses S. Grant menandatangani hukum untuk mengesahkannya.Yellowstone National Park terkenal akan geyser dan sumber air panasnya. Geyser terkenal di dunia, Old Faithful Geyser, ada di sini. Di sini juga hidup beruang grizzly, serigala, bison dan rusa. Banyak wisatawan mancanegara mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan kehidupan margasatwa dan keindahan alamnya.

Þingvellir atau Thingvellir (bahasa Islandia “Þing”: parlemen, “vellir”: daratan) adalah tempat di barat daya Islandia dekat semenanjung Reykjanes dan daerah gunung berapi Hengill.
Taman Nasional Namib-Naukluft adalah taman nasional di Gurun Namib yang terletak di bagian barat daya Afrika. Taman nasional ini memiliki spesies ular, tokek, serangga, hyena, dan jackal yang sanggup bertahan di wilayah beriklim sangat kering. Kabut yang membawa uap air dari Samudra Atlantik berubah menjadi hujan yang sebagian besar hanya turun di bulan Februari dan April. Curah hujan per tahun di taman nasional ini hanya sebesar 106 milimeter per tahun.
Cagar Alam Nasional Jembatan Darat Bering (bahasa Inggris: Bering Land Bridge National Preserve) merupakan salah satu taman nasional yang terpencil, terletak di Semenanjung Seward, Alaska barat daya, Amerika Serikat. Cagar alam ini merupakan sisa dari jembatan darat yang menghubungkan Asia dengan Amerika Utara lebih dari 13.000 tahun yang lalu. Sebagian besar jembatan darat ini, yang pernah mencapai lebar ribuan mil, sekarang terletak di bawah perairan Laut Chukchi dan Bering.

Awalnya cagar alam ini didirikan sebagai Monumen Nasional Jembatan Darat Bering (bahasa Inggris: Bering Land Bridge National Monument) pada tanggal 1 Desember 1978. Pada tanggal 2 Desember 1980, sebutan tersebut diubah menjadi namanya yang sekarang. Cagar Alam Nasional Jembatan Darat Bering memiliki beberapa tempat yang secara geologis dan prasejarah penting.

Taman Nasional danau St Clair-gunung Cradle adalah taman nasional yang terletak di Tasmania (Australia), 165 km sebelah barat laut Hobart. Taman ini memiliki jalan untuk dilewati. Fitur utama taman ini adalah danau St Clair dan di utara, gunung Cradle. Tempat ini adalah bagian dari situs warisan dunia Tasmania.
Taman Nasional Sequoia adalah taman nasional di selatan Sierra Nevada, tenggara Fresno, California, Amerika Serikat. Taman ini merupakan taman nasional ketiga yang dibentuk di Amerika Serikat (1890). Dengan wilayah meliputi 1,635 km², taman ini ditempati oleh Gunung Whitney, titik tertinggi di 48 negara bagian AS pada ketinggian 4.421,1 m dpl. Taman ini bersebelahan dengan Taman Nasional Kings Canyon yang keduanya dikelola sebagai satu unit oleh National Park Service. Taman ini terkenal oleh pohon Sequoia Raksasa-nya, termasuk Jenderal Sherman, pohon terbesar di muka bumi. Pohon ini tumbuh di Giant Forest, yang memiliki lima dari 10 pohon terbesar dalam hal volume kayu di dunia.

Tiergarten (dari bahasa Jerman yang berarti Kebun Binatang) adalah nama taman besar di pusat Berlin dan kawasan di borough Mitte. Sebelum reunifikasi Jerman, Tiergarten adalah bagian dari Berlin Barat. Sampai reformasi pemerintahan Berlin 2001, Tiergarten juga merupakan nama borough, terdiri dari wilayah Tiergarten sekarang plus Hansaviertel dan Moabit.

BACA RINCI & LIHAT FOTO😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: