Zebra

Seekor zebra.

Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya berbelang-belang hitam dan putih. Penyebaran habitat di Afrika Selatan, Afrika Barat dan Afrika Timur. Ada tiga jenis zebra yaitu : zebra gunung, zebra dataran dan zebra primitif.
Nama ilmiah: Equus zebra untuk zebra gunung; Equus quagga untuk zebra dataran dan Equus grevyi untuk zebra primitif. Belang-belang pada tubuh zebra Disebabkan oleh Raihan Prhadana dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator.Belang zebra dapat membingungkan predator.Zebra memiliki “warna disruptif” seperti beberapa katak pohon dan ular belang. Belang pada tubuh zebra memecah kontur rata hewan,menyamarkan bentuk asli zebra. Ketika zebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi. Berbeda dengan kuda polos biasa. Para ilmuwan berpendapat bahwa belang pada zebra terjadi karena evolusi, baik variasi maupun seleksi alam.

Zorse adalah nama hasil kawin campur antara zebra dan kuda. Biasanya kebanyakan Zorse merupakan kawin campur antara ibunya adalah seekor zebra dan bapaknya adalah seekor kuda.

Quagga
Status konservasi

Punah (1883) (IUCN)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Perissodactyla
Famili: Equidae
Genus: Equus
Upagenus: Hippotigris
Spesies: E. quagga
Upaspesies: E. q. quagga
Nama trinomial
Equus quagga quagga
Boddaert, 1785

Quagga yang menyerupai zebra dan pernah ditemukan dalam jumlah besar di Afrika Selatan. Quagga dapat dibedakan dari zebra lain dengan memiliki tanda pada bagian depan tubuh. Quagga merupakan campuran dari kuda dan zebra. Nama Quagga berasal dari kata Khoikhoi untuk zebra. Quagga punah akibat perburuan oleh manusia yang berusaha mendapat daging dan kulitnya.

Iklan

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: