Varietas Hibrida

Dalam pertanian, yang dimaksud dengan varietas hibrida adalah tipe kultivar yang berupa keturunan langsung dari persilangan antara dua atau lebih populasi pemuliaan. Populasi pemuliaan yang dipakai dapat berupa varietas bersari bebas (baik sintetik maupun komposit) ataupun galur/lini.

Varietas hibrida dibuat untuk mengambil manfaat dari munculnya kombinasi yang baik dari tetua yang dipakai. Jagung hibrida dan padi hibrida memiliki daya tumbuh yang lebih tinggi, relatif lebih tahan penyakit, dan potensi hasilnya lebih tinggi. Ini terjadi karena munculnya gejala heterosis yang hanya dapat terjadi pada persilangan. Pada kelapa hibrida, gejala heterosis tidak dimanfaatkan, tetapi dua sifat baik dari kedua tetua yangtergabung pada keturunannya dimanfaatkan. Kelapa sawit yang dibudidayakan juga merupakan hibrida dengan alasan yang sama.

Jenis-jenis varietas hibrida

Dilihat dari silsilahnya, varietas hibrida dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

  • Silang tunggal atau single cross
  • Silang tiga-jalur atau three-way cross
  • Silang ganda atau double cross
  • Silang puncak atau top cross.

Varietas (arti botani)

Secara botani, varietas adalah suatu populasi tanaman dalam satu spesies yang menunjukkan ciri berbeda yang jelas. Penulisan namanya dicetak miring (atau digaris bawah jika tulisan tangan) dan didahului dengan singkatan “var.” Contoh: Oryza sativa var. indica.

Dalam taksonomi tumbuhan, spesies merupakan unit terkecil dalam hierarki klasifikasi. Semua anggota spesies yang sama dapat secara alamiah saling kawin dan menghasilkan keturunan. Namun demikian, untuk sejumlah spesies tertentu terdapat variasi yang sangat jelas di dalamnya. Untuk itu dibuat sejumlah takson infraspesies (di bawah spesies). Aturan dan definisi mengenai taksonomi tumbuhan ditentukan dalam “Aturan Internasional bagi Tatanama Botani” (International Code of Botanical Nomenclature, ICBN)[1]. Pengertian varietas semacam ini dipakai oleh ahli taksonomi tumbuhan agar tidak terjadi ambiguitas dalam pengelompokan suatu populasi sejenis. Taksonomi hewan hanya mengenal subspesies sebagai takson di bawah spesies.

Varietas (arti agronomi)

Dalam pertanian, varietas adalah sinonim bagi kultivar, yang batasan dan penamaannya diatur dalam “Aturan Internasional bagi Tatanama Tanaman Budidaya” (International Code of Nomenclature for Cultivated Plants, ICNCP). Kultivar (Inggris cultivar, dari cultivated variety) merupakan pengelompokan dasar (“culton”, dari cultivated plant taxon) bagi tanaman budidaya, dan diciptakan oleh L.H. Bailey pada tahun 1923. Kultivar diartikan sebagai sekelompok tanaman yang memiliki satu atau lebih ciri yang dapat dibedakan secara jelas, dan tetap mempertahankan ciri-ciri khas ini ini jika direproduksi (secara seksual maupun aseksual). Yang dapat disebut kultivar dengan demikian adalah populasi terseleksi, galur, klon, atau hibrida. Contoh penamaan: Oryza sativa ‘Cisadane’.

Yang dimaksud dengan tanaman budidaya adalah tanaman yang dibudidayakan oleh manusia yang dapat dibedakan dengan jelas dari cikal-bakal liarnya atau, jika diambil langsung dari alam liar untuk dibudidayakan, layak untuk diberikan nama khusus yang berbeda dari populasi liar bagi kepentingan hortikultura (W.T. Stearn, 1986).

Dalam biologi, hibrida memiliki tiga arti.

  1. Hibrida merupakan keturunan (zuriat, progeni) dari dua varietas, subspesies, spesies, atau dua genus yang berbeda. Untuk dua yang pertama, hibridanya disebut hibrida intraspesifik, untuk yang ketiga disebut hibrida interspesifik, dan yang terakhir disebut hibrida intergenerik.
  2. Hibrida merupakan silangan antarpopulasi, antarkultivar, atau antargalur dalam suatu spesies. Pengertian ini sering dipakai dalam pemuliaan tanaman (lihat artikel varietas hibrida).
  3. Hibrida memiliki arti berbeda di bidang biologi molekular, lihat hibridisasi (biologi molekular).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: