Burung Kacembang Gadung

Kacembang Gadung
Status konservasi

Risiko rendah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Irenidae
Genus: Irena
Spesies: I. puella
Nama binomial
Irena puella
(Latham, 1790)

Kacembang Gadung atau dalam nama ilmiahnya Irena puella adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang sekitar 27cm. Burung jantan dan betina mudah dibedakan. Burung jantan dewasa memiliki bulu berwarna biru tua gemerlap, mata berwarna merah, bulu di bagian sisi bawah dan sayap berwarna hitam. Burung betina mempunyai bulu berwarna hijau kebiruan dengan ekor dan sayap berwarna kehitaman. Burung jantan biasanya berukuran lebih besar daripada betina. Burung muda memiliki warna bulu seperti betina dengan sayap kecoklatan.

Ada sekitar enam subspesies burung Kacembang Gadung yang populasinya tersebar di hutan-hutan tropis, perbukitan dan perkebunan di Bangladesh, India, Nepal, pulau Andaman, pulau Nicobar, Republik Rakyat Cina, Indocina, Thailand, Myanmar, semenanjung Melayu, Singapura, pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau Palawan di Filipina.

Pakan burung Kacembang Gadung terdiri dari aneka buah-buahan, ficus serta berbagai jenis serangga. Burung betina biasanya menetaskan antara dua sampai tiga butir telur di sarang berbentuk cangkir kecil yang terletak di atas pohon.

Spesies ini memiliki daerah sebaran yang luas dan merupakan salah satu burung yang masih sering ditemukan di habitat aslinya. Kacembang Gadung dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Apakah burung ini bisa di isi suara burung lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: