Anjing Dachshund

Dachshund

Dachshund yang standar berbulu panjang
Nama panggilan Doxie (AS), Dackel atau Teckel (Jerman), anjing hotdog (AS), anjing sosis (Britania/Australia), Teckel (Belanda)
Negara asal Jerman
 
 
FCI Grup 4 Seksi 1 #148 standar
AKC Anjing standar
ANKC Group 4 – (Anjing) berbulu panjang
berbulu halus
berbulu kasar
mini berbulu panjang
mini berbulu halus
mini berbulu kasar standar]
CKC Group 2 – (Anjing) standar
KC (UK) Anjing panjang
berbulu halus
berbulu kasar
mini berbulu panjang
mini berbulu halus
mini berbulu kasar standar]
NZKC Anjing berbulu panjang
berbulu halus
berbulu kasar
mini berbulu panjang
mini berbulu halus
mini berbulu kasar standar]
UKC Kelompok anjing pengendus standar

Dachshund adalah binatang anggota keluarga anjing yang berkaki pendek dan berbadan panjang. Nama jenisnya berasal dari bahasa Jerman yang secara harafiah berarti “anjing berang-berang,” dari (der) Dachs “berang-berang” dan (der) Hund “anjing”. Ukuran standarnya dikembangkan untuk mengendus, mengejar, dan berburu berang-berang dan binatang-binatang lain yang tinggal di dalam lubang di tanah, sementara yang berukuran mini digunakan untuk berburu kelinci. Karena tubuhnya yang panjang kurus, anjing ini kadang-kadang dijuluki di Amerika Serikat dan di tempat-tempat lain sebagai anjing hotdog atau anjing sosis, meskipun nama-nama itu kadang-kadang dianggap menghina. Meskipun nama anjing ini, dachshund, berasal dari Jerman, di Jerman sendiri jenis ini dikenal—baik resmi maupun tak resmi—sebagai Dackel atau Teckel. Di Indonesia, karena pengaruh dari Belanda, anjing ini juga dikenal dengan namaAnjing Tekel.

Penampilan

Dachshund mini berwarna hitam dan coklat muda, dengan bulu yang halus

Menurut standar klub pemulia, varian mininya berbeda dari yang berukuran penuh hanya dalam besar dan beratnya saja. Namun demikian, keturunan dari induk dan bapaknya tak boleh lebih berat daripada berat standar mini juga agar dapat dianggap sebagai dachshund mini.

Ukuran

Seekor dachshund dewasa standar rata-rata beratnya antara 7 hingga 12,7 kg, sementara jenis mininya biasanya tidak lebih berat dari 5 kg. Sejak tahun 1990-an, penggunaan kelas ketiga oleh para pemiliknya, “tweenie,” yang mencakup anjing-anjing yang berada di antar ukuran standar dan mini, yaitu antara 4,5 hingga 6,75 kg, makin populer.

H.L. Mencken mengatakan bahwa “Tinggi Dachshund setengah anjing biasa dan panjangnya satu setengah kali.” Namun banyak puisi dan lagu menyebut mereka “dua kali panjang anjing biasa.” Ciri khas ini telah membuat mereka cukup mudah dikenali dan ditampilkan dalam berbagai lelucon dan kartun, khususnya The Far Side oleh Gary Larson.

Bulu dan warna

Dachshund

Dachshunds mempunyai rentangan warna yang luas. Warna dan pola yang luas adalah kemerahan dan hitam-kemerahan (seringkali disebut hitam-coklat tua). Ada pula warna-warna krim, biru, babi hitam, coklat tua, coklat, dan merah “babi hutan” agak terang. Warna merahnya merentang dari merah perunggu hingga warna seperti karat, dengan warna hitam biasanya pada punggungnya, ekor, muka, dan ujung telinganya, sehingga memberikan ciri sangat khas dan penampilan hampir mengkilat. Ini adalah warna yang paling disukai dan sering dirujuk di antara para pemulia dan penggemarnya sebagai “pejantan” atau “induk” yang ideal.

Dachshund terkenal dan fiktif

  • Lump, peliharaan Pablo Picasso, yang dianggap banyak mengilhami karya-karyanya.
  • Wadl dan Hexl, pasangan terkenal kesayangan Kaisar Wilhelm II. Ketika tiba di ibukota negara Adipati Franz Ferdinand, château Konopiste, dalam sebuah kunjungan setengah resmi, mereka segera menyingkirkan salah seekor ayam hutan emas Putra Mahkota Austro-Hongaria yang tak ternilai harganya, sehingga hampir menimbulkan insiden internasional[rujukan?]
  • Senta, pendamping Kaisar Wilhelm II pada Perang Dunia I dan ketika ia mengasingkan diri ke Huis Doorn. Senta meninggal pada 1927 pada usia 20 tahun dan dikuburkan di taman Huis Doorn, dekat makam Kaisar.
  • Hot Dog dalam Krypto the Superdog
  • Schotzie dalam That 70s Show
  • Itchy Itchiford dalam All Dogs Go to Heaven
  • Boots dalam Emergency!
  • Little Dog dalam 2 Stupid Dogs
  • Slinky dalam Toy Story
  • Buster dalam Toy Story 2
  • Wiener Dog, nama dachshund milik Norm Henderson (Norm MacDonald) dalam The Norm Show
  • Mr. Weenie dalam Open Season
  • Jorge dalam Clifford’s Puppy Days
  • Oscar, binatang peliharaan Irwin dalam The Grim Adventures of Billy and Mandy
  • Waldi, maskot Olimpiade Musim Panas 1972
  • Dinah sang Dachshund
  • Pretzel dalam Pretzel oleh H.A. dan Margaret Rey
  • Hundley dalam Curious George oleh H.A. dan Margaret Rey
Iklan

2 Tanggapan

  1. kalau ada sertakan video rekaman kontest

  2. Maaf untuk saat ini karena blog gratis, setahu saya tidak bisa utk video … moga2 suatu saat nanti bisa video & download.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: