Ular Birang

Ular Birang
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Famili: Colubridae
Upafamili: Colubrinae
Genus: Oligodon
Boie, 1827
Spesies: O. octolineatus
Nama binomial
Oligodon octolineatus
(Schneider, 1801)

Ular birang adalah sejenis ular yang bertubuh kecil. Nama ilmiahnya adalah Oligodon octolineatus (Schneider, 1801). Ular ini juga dikenal sebagai ular pitar atau dalam bahasa Inggris, striped kukri snake.

Identifikasi

Ular birang adalah sejenis ular yang cantik. Warnanya kecoklatan dengan 3-4 pasang garis hitam memanjang, yang paling atas paling tebal. Pita jingga atau merah terang metalik berjalan tepat di atas tulang punggungnya (vertebrae) hingga ke ekor, yang merupakan ciri khas ular ini. Demikian pula pola coreng simetris kehitaman di atas kepalanya, yang menjadi pertanda kebanyakan marga Oligodon.

Sisi bawah tubuh putih di sebelah depan (anterior) dan kemerahan sampai merah jambu di bawah ekor. Panjang tubuh hingga sekitar 70cm.

Sisik dorsal (punggung) tersusun dalam 17 deret. Sisik ventral (perut) berjumlah 155-197, sisik anal tunggal, dan sisik subkaudal antara 43-61 pasang (Tweedie, 1983). Sisik bibir atas (supralabial) 6 pasang, yang ke-3 dan ke-4 menyentuh mata.

Dinamai juga ular kukri dalam bahasa Inggris, berdasarkan bentuk taringnya yang terletak di mulut bagian belakang. Kukri adalah pisau khas yang biasa digunakan tentara Gurkha.

Kebiasaan dan Penyebaran

Kerap kali ditemui di wilayah hutan, kebun atau taman, kebanyakan ular kecil ini aktif di malam hari (nokturnal). Kita sering menemuinya tengah menyeberangi jalan aspal yang hangat di malam hari.

Ular birang termasuk jinak, tidak suka menggigit jika ditangkap atau dipegang dengan hati-hati. Bila terganggu, ia mengeluarkan semacam bau tidak enak dari pangkal ekornya. Terkadang untuk menghindari gangguan, ular ini menyembunyikan kepalanya di bawah badannya yang bergelung.

Ular birang menyebar di Semenanjung Malaya, Singapura, Sumatra, Nias, Bangka, Belitung, Kepulauan Riau, Jawa, Kalimantan (termasuk Sarawak, Sabah, Brunei) dan Sulawesi. Kemungkinan juga terdapat di Filipina.

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: