Burung Pergam Laut

Pergam Laut
Status konservasi

Risiko rendah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Columbiformes
Famili: Columbidae
Genus: Ducula
Spesies: D. bicolor
Nama binomial
Ducula bicolor
(Scopoli, 1786)

Pergam Laut atau dalam nama ilmiahnya Ducula bicolor adalah sejenis burung yang terdapat di dalam suku burung Columbidae. Burung Pergam Laut berukuran sedang, dengan panjang mencapai 38cm. Spesies ini memiliki bulu berwarna putih dengan bulu terbang dan sebagian besar ekornya berwarna hitam. Iris mata berwarna coklat dengan paruh berwarna abu-abu kebiruan, begitu pula dengan kulit di sekitar mata dan kakinya. Burung jantan dan betina serupa. Burung muda memiliki bulu berwarna putih keabu-abuan.

Populasi Pergam Laut tersebar di hutan pulau-pulau kecil, pesisir, hutan bakau dan rawa-rawa di Asia Tenggara, dari pulau Andaman, Semenanjung Melayu, kepulauan di Indonesia, Filipina, Papua New Guinea dan Australia.

Burung Pergam Laut biasanya ditemukan dalam kelompok dengan jumlah besar. Sarangnya terbuat dari ranting-ranting dan terletak di atas dahan pohon, dekat dengan sumber air. Burung betina menetaskan sebutir telur berwarna putih mengilap. Pakan burung Pergam Laut terdiri dari aneka buah-buahan dan ficus.

Spesies ini memiliki daerah sebaran yang luas dan masih sering ditemukan di habitat aslinya. Pergam Laut dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: