Wisata Gunung Perawan Eksotis Nan Menggairahkan

Wisata ke gunung perawan untuk melihat hewan, tumbuhan, bunga, pemandangan alam asri, termasuk melakukan penelitian, tanpa perlu bayar tiket, bisa didapatkan di Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata.

Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata adalah suatu wahana untuk berwisata dan belajar yang berbasis tanaman, hewan, dan hutan, yang berlokasi di gunung, di Jawa Barat. Rizqi Firdaus berasal dari nama anak pertama saya, Ahmad Rizqi Ramadhan dan Rohim Nur Firdaus, anak kedua saya.

Link rinci foto2😆

https://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-wisata/
https://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/
https://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-2/

Latar belakang penciptaan wahana tersebut :

1. Semakin jauhnya generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal bahkan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia sebagai sumber kehidupan sejati bagi manusia
2. Kurangnya wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu / beruntung untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia

Tujuan :
1. Menginspirasi generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia
2. Hiburan yang sehat dan mendidik untuk keluarga saling bersilaturahmi dan lebih dekat dengan alam

Agro wana widya wisata berada di gunung / pegunungan / perbukitan yang masih asri, jauh dari campur tangan manusia. Keaslian alam semaksimal mungkin dipertahankan di mana akses ke lokasi masih mengandalkan kondisi alam yang asli. Kawasan ini dikembangkan berawal dari pucuk gunung / bukit dengan kemiringan 30-45o, ketinggian sekitar 75 meter dari bawah kawasan dan diameter sekitar 150meter, dengan luas sekitar 40.000 meter persegi.

Fasilitas wahana dibagi menjadi 8 sektor.

Sektor Wahana

Sektor Wahana

Fasilitas :
1. Sektor hutan asli
2. Sektor air terjun & sungai
3. Sektor hutan konservasi A
4. Sektor hutan konservasi B
5. Sektor budidaya tumbuhan
6. Sektor budidaya hewan
7. Sektor zona anak-anak
8. Sektor zona dewasa

Taman

Sektor hutan asli berupa hutan alam asli yang belum pernah dijelajahi apalagi ditebang. Tujuannya adalah untuk memperoleh ekosistem alam asli sehingga semaksimal mungkin didapatkan tunbuhan dan hewan asli hutan tersebut. Sektor ini digunakan HANYA untuk melakukan berbagai penelitian oleh pribadi maupun institusi (IPB, UI, UGM, dan lain-lain) setelah mendapat izin. Penilitian dilakukan tanpa dipungut biaya untuk memasuki sektor hutan namun dengan syarat utama hasil penelitian harus boleh untuk dipublikasikan oleh kami dalam berbagai bentuk (hardcopy, softcopy, web) untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Lisensi atau paten atau sejenisnya tetap menjadi milik sepenuhnya pihak peneliti. Saat ini saya sangat prihatin bahwa para peniliti dan institusi yang dapat melakukan penelitian dan pihak yang memiliki potensi dokumentasi belum secara maksimal melakukan publikasi hasil penelitian mereka melalui internet. Semoga melalui wahana ini, lebih banyak hasil penelitian yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara benar, mudah, dan murah.

Sektor air terjun & sungai berupa hutan alam asli. Sektor ini dapat untuk melakukan penelitian seperti di atas. Selain itu dimanfaatkan untuk melakukan penjelajahan alam oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya.

https://i2.wp.com/www.kapassc.co.cc/web_images/Timponang%201%20a.jpg

https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/_FaDvfIKTkCs/Savy4P1FoPI/AAAAAAAAAGI/e0tQwdt3kmw/s400/hutan+tropis.JPG

Sektor hutan konservasi A dan B berupa hutan yang boleh dijelajahi oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya. Di sektor ini pun, penelitian masih dapat dan boleh dilakukan. Sebagian pohon & tanaman hutan boleh ditebang atas pertimbangan tertentu.

Artinya separuh kawasan wahana merupakan wilayah yang semaksimal mungkin masih asri.

Sektor budidaya tumbuhan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan tanaman budidaya sesuai dengan kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, pohon, buah, bunga, dan lainnya.

Sektor budidaya hewan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan hewan budidaya sesuai kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, ternak, serangga, dan lainnya.

Sektor zona anak-anak merupakan wilayah di mana anak-anak dapat bermain dengan aman dan mendidik. Wilayah ini bersebelahan dengan sektor budidaya hewan agar anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan-hewan. Berbagai kegiatan bermain sambil belajar dapat dikembangkan di sini.

Sektor zona dewasa merupakan wilayah di mana orang dewasa dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan alam. Wilayah ini dapat berupa bangunan-bangunan sesuai kebutuhan, seperti rumah kaca, musium, herbarium, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Untuk memasuki wilayah ini GRATIS dari tiket karena seluruh aktifitas mendapat dana dari para sponsor yang diperbolehkan memasang papan reklame / iklan dan menjual produk mereka di wilayah wahana seperti produsen pupuk & pestisida, fotografi, hotel, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak hanya dari mereka yang mampu sehingga semakin banyak orang yang dapat mengenal dan mencintai alam Indonesia tanpa perlu khawatir dengan masalah biaya.

Wahana ini sangat menitikberatkan pada publikasi berbagai tumbuhan dan hewan, pohon, pemandangan alam yang ada di kawasan melalui berbagai publikasi terutama internet (web, blog) sehingga para peneliti dapat menyampaikan semua hasil penelitiannya begitu juga para pengunjung dapat menyampaikan foto2 dan cerita pengalamannya melalui blog yang disediakan di wahana.

Wahana ini sangat tidak menekankan pada komersialisasi, kebahagiaan untuk berbagi merupakan hal sangat penting di sini. Namun bukan berarti untuk mewujudkan dan mengelola dapat dijalankan dengan tidak profesional, tanpa dana yang jelas. Kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat meluaskan segala hal positif yang ada di kawasan tanpa dipungut biaya komersial sangat diutamakan. Para donatur atau simpatisan yang percaya dapat memberikan partisipasi mereka dalam berbagai bentuk seperti kemudahan / fasilitas, dana, hewan, tumbuhan, tulisan, dan masih banyak lainnya.

Kami berusaha untuk memberikan wahana mengenal dan mencintai hewan, tumbuhan, hutan, gunung, alam Indonesia seluas-luasnya dari berbagai pihak untuk berbagai pihak dengan menekankan pada kebersamaan dengan sangat tidak menekankan komersialisasi. Kami berusahan agar suksesnya wahana ini dapat menjadi tabungan akhirat.

Saat ini yang dapat saya lakukan di sela kegiatan rutin saya adalah membuat blog ini di mana diharapkan sedikit bisa membantu siapa saja yang membutuhkan. Blog ini merupakan gambaran kecil dari Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata yang saya impikan. Saya sangat awam di bidang usaha apalagi pengelolaan kawasan di atas. Saya juga tidak memiliki dana dan masih mencoba menabung semampu saya di mana minimal 200 juta rupiah untuk hanya pembelian lokasi. Saya masih harus banyak belajar. Namun saya memiliki keyakinan kuat, jika mimpi saya ini dapat terwujud atas izin Tuhan melalui berbagai cara termasuk bantuan rekan-rekan yang memiliki visi seperti yang baik termasuk para blogger yang memiliki blog yang menjadi inspirasi saya. Bagi mereka yang ingin membantu mewujudkan mimpi saya, silahkan memberikan komentar dan masukan apapun. Amin 7x.

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata😆

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata 1😆

60 Tanggapan

  1. wah indah banget pemandangannya

  2. terima kasih sudah mampir, semoga bisa terwujud …

  3. maju terus Pak😀

  4. wao,,, keren banget nich….
    jadi pengen nich…🙂

  5. mantab mas, saya mendukung walau hanya dalam bentuk doa, sukses selalu, hidup dan lestari alam kita, mamayu hayuning bawono, mugi Gusti ngijabahi…

    salam damai selalu!

    • dukungan doa lebih baik daripada yg tidak mendukung sedikitpun ….🙂

      apalagi doanya harus diterjemahkan dulu ….😆

  6. ass.wr.wb
    minta izin untuk di-link langsung dr blog saya ya Mas😀

    btw tempat ini lokasinya dimana?

    • waalaikum salam wr wb
      silahkan dipakai ….

      jika dibaca jeli, obyek ini masih dalam konsep …. menunggu dana …. 🙂

      kalau mau implementasikan di mana saja silahkan … yg penting hutannya selayaknya masih perawan agar ekosistemnya masih lengkap ….

  7. Mantaps…
    Keren abies…
    Suasananya menyejukkan jiwa…

    • wah senang komentar positif-nya …. tapi itu masih konsep kok, gunung + hutannya masih terus dicari dalam mimpi ,,,,,,🙂

  8. semoga sukses ya. selama kita punya keyakinan maka impian itu cepat atau lambat akan terwujud dan disertai usaha beserta doa. salam kenal juga.

  9. Salut atas tekad dan kerja keras Mas… berupaya membangun kesadaran pada orang lain untuk melestarikan alam ini… Deskripsi dan foto-foto yang disajikan juga enak dan komunikatif…

  10. Mantabs…
    Niatan yang luar biasa mulia..

    200 juta ya…dengan penghasilan saya 300ribu per bulan, bakal rampung 60 tahun lagi…keciiil😆

    salut, mendukung dan mendoakan lah, pokoke

    • 200 juta rupii itu cuma utk dapat sertifikat hak guna ….😦
      utk pengelolaannya masih butuh lebih banyak lagi namun semua harus dimulai dari yg kecil dulu … sabar …

      terima kasih dukungan dan kunjungan baliknya …

  11. silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    Maksudnya apa mas?? saya tdk mengerti..

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

  12. saya punya blog lain yg bahas ttg gempa di http://richocean.wordpress.com

    jika ingin tahu ttg gempa padang, boleh mampir ke sana …

    terima kasih sudah mampir balik ..🙂

  13. walaupun konsep tapi lanjut terus. kami dukung sepenuhnya.
    semangat!

  14. wah penggemar flora fauna nie.Tolong jaga jangan sampai flora dan fauna khas Indonesia di klaim lagi

    • saya hanya ingin agar anak saya tidak jauh dari alam, flora, dan fauna.
      syukur2 bisa mengajak orang lain ….

      terima kasih sudah namu dan mendukung flora fauna indonesia …🙂

  15. wah… keren banget… mimpi yang sangat indah… semangat mas… permulaan itu katanya 50% dari suatu pekerjaan… Good luck, Godbless

  16. wah,.. pertamaxxxxx gan,.. keren banget aer terjunnya…🙂

  17. Pertama lihat blog ini,Saya tercengang dan alamat blog ini langsung Saya bookmark.TOP bgt!

  18. wuih .. bagus banget mas ..
    semoga cepat menjadi kenyataan, agar nantinya saya bisa main tuk berwisata ..

    Iklan Gratis

  19. wah… situsnya bagus, jarang ada yang ngumpulin dan menulis artikel yang sulit seperti ini…. kerja di Nasional Geographic ya mas…?

  20. itu dimana?
    di TNGH sukabumi bukan?
    canopyna sepertina nda asin9,coz pernah kesanah😀

    amien,smo9a bisa terwujud ya cita ciota,undan9 saiyah kesanah klu suda jadi,den9an senan9 hati pasti datan9🙂

    • foto2 diambil dari yg bagus2 … krn hutan yg mau dikelola belum ad😆

      terima kasih doa-nya dan sudah berkunjung balik …. dengan senang hati akan diundang biar meriah ….

  21. Mas mau tukar link? saya suka dengan isi blog Anda.
    Saya tunggu konfirmasinya di salah satu posting saya ya!
    Sebagai awal saya memasukkan link Anda duluan. Silahkan cek disini : http://adamkurniawan.wordpress.com/sahabat-blogger/

    • terima kasih atas kepercayaanya… semoga bermanfaat

      saya mau sekali tukaran link namun maaf krn ketidaktahuan saya utk cara membuatnya, bisa dilihat di sini tak ada link ke lainnya.
      saya sudah meminta info dari yg lain namun belum dapat. saya berterima kasih sekali jika diberitau caranya sehingga saya bisa tambahkan link ke yg lain.😆

  22. Salut & apresiasi yang tinggi atas kerja kerasnya, insya Allah kelak mampir, salam…..
    http://resepmakananindonesia.wordpress.com/

  23. wah keren – keren….
    salut….

  24. Mas blognya bagus skali ttg hutan yang masih belum dijamah.
    btw mas bole minta pendapatnya? kl tesis ingin mneliti ttg hutan dilihat dari segi ekonominya itu bagusnya dilihat dari segi mana yah mas.. thanks yah mas bt informasi dan ditunggu masukan-nya

    regrads
    karina🙂

    • agar lebih tepat pendapatnya, tambah lagi kata kuncinya apalagi utk tesis pasti lebih spesifik…🙂

      kalau dari sudut pandang richmountain di mana konservasi menjadi penekanan maka pemanfaatan tanaman dan hewan sebagai sumber pengembangan usaha baru yg konservatif, bukan eksploitatif, krn usaha yg eksploitatif bersifat sementara & akan menghancurkan manusia & alam jangka panjang.

      Misalkan usaha pembibitan anggrek liar menjadi anggrek budidaya, pencarian tanaman sebagai sumber obat (tradisional), dan sepertinya.

      Para peneliti (kalau gunungnya bisa kebeli) boleh gratis melakukan penelitian spt itu, dibebaskan sesuai dgn ide & kreatifitasnya😆

  25. wah indah dan elok y keindahan alam indonesia, semoga kita dapat mengembangkan, melestarikan dan menjaga
    Alam Indonesia

  26. Q mu ksn tapi ngk da ojek becek……………………………?

  27. dapet award kawan… diambil ditempatku yaak… thx😀

  28. Mas, saya link di blog saya ya supaya teman-teman saya pada tahu. Tengkyu sudah berbagi.

    Nugroho
    http://ilmuserangga.wordpress.com

  29. Menarik sekali ya, kalimantan ini, dan relatif paling aman ketika ada gejolak2 pergeseran lempeng selanjutnya, meskipun ada banjir2 tinggi di hulu kapuas bahkan di tempat tinggi seperti lanjak yang tadinya nggak kebanjiran. Nantipun sebelum akhir 2010, ketika anjloknya lempeng yang memegang indonesia memunculkan gelombang tinggi dari samudra hindia bergerak ke selatan pulau jawa, dan gelombang tinggi laut filipina bergerak ke utara pulau jawa (akibat anjloknya lempeng filipina), masih ada tempat2 tinggi yang aman di kalimantan.
    Silahkan cek di sini:
    http://luweng2010.orgfree.com/peta_zona_bahaya_7.html
    —————————————————————————
    dunia sudah tak seperti dulu lagi dengan banyaknya bencana, namun manusia masih bisa bersikap positif dengan waspada dan mengupayakan survivalnya indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: