Taman Nasional Luar Indonesia

Teratai raksasa di Victoria house, dalam kompleks Kebun Raya Nasional Belgia.

Kebun Raya Nasional Belgia (bahasa Belanda: Nationale Plantentuin van België, bahasa Perancis: Jardin botanique national de Belgique) terletak di wilayah Kastil Bouchout, dekat kotamadya Meise, tepat di utara Brusel. Kebun Raya Nasional Belgia merupakan salah satu kebun raya terbesar di dunia dengan koleksi tumbuhan hidupnya yang banyak di samping herbarium lebih dari 3 juta spesimen. Kebun yang sekarang didirikan pada tahun 1958 setelah dipindahkan dari pusat Brusel. Para peneliti di taman ini mengadakan penelitian pada tumbuhan yang hidup di Belgia dan Afrika.

Kebun Raya Nasional Belgia memiliki sekitar 18.000 spesies tumbuhan — sekitar 6% dari seluruh spesies yang ditemukan di dunia. Sebagian ada di rumah kaca termasuk termasuk tumbuhan yang dibiakkan dan endemik, ada di tempat terbuka. Kebun ini dikelompokkan di sekitar kastil dan danau di ranah Bouchout.

Pernyataan misi Kebun Raya Nasional Belgia trmasuk menambah dan menyebarkan “ilmu tumbuhan” dan menyokong “pelestarian biodiversitas.”

Rumah kaca Balat

Koordinat: 50°55′42″N 4°19′36″E

____________________________________________________________________________________________

Rumah Palem

Rumah kaca Ratu Wales

Kebun Botani Kew (baca kyuw) atau The Royal Botanical Garden Kew (Kebun Botani Kerajaan Kew), biasa disingkat Kew Garden , merupakan lahan luas berupa taman dan rumah kaca yang terletak di antara Richmond dan Kew di barat daya London, Inggris. The Royal Botanical Gardens Kew juga merupakan nama dari organisasi yang menjalankan Kew Gardens dan taman Wakehurst Place di Sussex. Lembaga ini merupakan institusi penting yang bertaraf internasional bagi penelitian dan pendidikan botani. Saat ini memiliki sekitar 700 staf.

____________________________________________________________________________________________

Central Park
Pemandangan di Central Park

Pemandangan di Central Park

Jenis Taman umum (Departemen Taman dan Rekreasi New York City)
Lokasi Manhattan, New York City, Amerika Serikat
Koordinat 40°46′55″LU,73°57′58″BB
Luas 3.4 km²
Dibuka 1859
Pengelola Central Park Conservancy
Status Sepanjang tahun

Central Park adalah taman umum yang luas di Manhattan, New York City. Luasnya 3,41 km² dengan bentuk lahan persegi panjang (panjang 4 km, lebar 800 m). Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan sekaligus taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika Serikat.

Central Park termasuk salah satu taman terkenal di dunia, karena taman ini sering dijadikan lokasi film dan bahan liputan di televisi. Pengelolanya adalah organisasi swasta nirlaba Central Park Conservancy yang dikontrak oleh Departemen Taman dan Rekreasi New York City.

Di sisi utara, Central Park berbatasan dengan West 110th Street (lebih dikenal sebagai Central Park North), di sisi barat berbatasan dengan Central Park West, di sisi selatan dengan West 59th Street (Central Park South), dan di sisi timur dengan Fifth Avenue. Jalan di sisi timur taman tidak pernah disebut sebagai “Central Park East”, melainkan tetap Fifth Avenue. Di sekeliling taman terdapat bangunan-bangunan mewah dan merupakan kawasan dengan harga tanah yang tinggi.

Taman ini dirancang oleh Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux. Keduanya juga dikenal sebagai perancang Taman Prospect di Brooklyn yang letaknya berdekatan. Walaupun terlihat alami, lansekap Central Park sepenuhnya hasil campur tangan manusia. Di dalam taman terdapat danau buatan dan kolam, jalan setapak, dua arena skat es, kawasan lindung hewan liar, lapangan rumput, dan arena bermain untuk anak. Central Park sering didatangi burung migran sehingga menjadi tempat favorit bagi pengamat burung. Panjang keseluruhan jalan-jalan di dalam taman adalah 10 km. Pengunjung ramai berjogging, bersepeda, atau bersepatu roda, terutama di akhir pekan atau sejak pukul 19.00 setelah kendaraan bermotor dilarang lewat.

Sejarah

Kebutuhan warga kota

Central Park tidak termasuk dalam Rencana Komisaris 1811 untuk pembangunan daerah Manhattan. Namun, jumlah penduduk New York City menjadi hampir berlipat empat antara tahun 1821 dan 1855. Kota menjadi semakin sesak, dan penduduk berdatangan ke sedikit ruang terbuka yang ada, terutama ke kuburan untuk menjauhkan diri dari kebisingan kota.

Pada tahun 1844, kebutuhan ruang terbuka bagi warga kota disuarakan oleh William Cullen Bryant, penyair sekaligus editor Evening Post (sekarang disebut New York Post), dan arsitek lansekap Amerika Serikat yang pertama, Andrew Jackson Downing. Penduduk berpengaruh di kota New York merasakan perlunya taman yang bergaya untuk menikmati udara segar sambil berkendara, seperti Bois de Boulogne di Paris atau Taman Hyde di London. Pada tahun 1853, dewan kota New York menetapkan kawasan seluas 283,28 hektare (2,8 km²) dari 59th Street hingga 106th Street senilai AS$5 juta untuk dijadikan taman.

Pembangunan taman

The Terrace, Central Park, NY, foto karya Victor Prevost, 10 September 1862

Pemerintah negara bagian New York membentuk Komisi Central Park sebagai pengawas pembangunan taman. Komisi mengadakan kontes desain lansekap taman pada tahun 1857. Penulis Frederick Law Olmsted dan arsitek Inggris Calvert Vaux memenangi kontes dengan rancangan berjudul “Rencana Greensward”. Perjalananan Olmsted ke Eropa pada tahun 1850, dan kunjungannya ke sejumlah taman di Eropa diperkirakan menjadi inspirasi bagi rancangannya. Selama di Eropa, Olmsted terutama terkesan dengan Taman Birkenhead dekat Liverpool, Inggris. Taman Birkenhead yang dibuka tahun 1847 adalah taman pertama di dunia yang pembangunannya dibiayai masyarakat.

Rancangan Olmsted juga mendapat banyak dipengaruhi berbagai konsep lain. Lansekap tanah pemakaman, seperti Mount Auburn di Cambridge, Massachusetts dan Green-Wood di Brooklyn merupakan contoh rancangan lansekap yang alami dan tenang. Ide baru dalam desain Central Park adalah “sistem jalan terpisah” bagi pejalan kaki, penunggang kuda, dan kendaraan wisata. Pemandangan arus lalu lintas yang ramai (crosstown traffic) antara Sisi Timur Manhattan (East Side) dan Sisi Barat Manhattan (West Side) dihalangi dengan tanaman perdu yang lebat. Dalam rencana Greensward diperlukan 36 bangunan jembatan. Semuanya dirancang arsitek Calvert Vaux, dan setiap jembatan memiliki desain yang berbeda-beda.

Jembatan di Central Park yang dirancang arsitek Calvert Vaux

Sebelum pembangunan taman dimulai, lahan harus dibebaskan lebih dulu dari penduduk yang sebagian besar orang miskin. Sebagian besar penduduk terdiri dari mantan budak Afrika-Amerika yang sudah merdeka, dan orang keturunan Jerman atau Irlandia. Sebagian di antaranya tinggal di perkampungan kecil seperti Desa Seneca, Harsenville, Distrik Piggery, atau Biara Sisters of Charity. Pada tahun 1857, sekitar 1.600 jiwa harus pindah setelah tanah tempat tinggal mereka dibeli oleh proyek.

Lukisan orang berskat es di Central-Park, 1862

Semasa pembangunan taman, Olmsted terus menerus berbeda pendapat dengan pejabat Komisaris Taman. Pada tahun 1860, Olmsted yang dipecat sebagai Penilik Central Park. Andrew Haswell Green yang mantan Ketua Dewan Pendidikan New York City menggantikannya sebagai Ketua Komisi Central Park. Walaupun pengalamannya masih sedikit, Green berhasil mempercepat jalannya proyek. Negosiasi pembelian tanah tambahan seluas 65 hektare di utara taman antara 106th dan 110th Street juga berhasil diselesaikannya. Sekarang, kawasan utara taman dan Danau Harlem (Harlem Meer) sering dianggap orang sebagai bagian taman yang paling indah.

Antara tahun 1860 dan 1873, pembangunan taman sudah hampir selesai. Sejumlah 14 ribu meter kubik tanah dibawa dari New Jersey sebagai pengganti tanah lapisan atas yang kurang sesuai. Ketika pembangunan secara resmi dinyatakan selesai pada tahun 1873, lebih dari tanah dan batu yang digali dari taman berjumlah sekitar sepuluh juta gerobak, dan harus dibuang ke tempat lain. Ketika dibuka, Central Park memiliki sekitar 4 juta pohon yang mewakili 1500 spesies.

Keadaan di abad ke-20

Peta Central Park

Setelah selesai, Central Park dengan segera menjadi rusak. Salah satu penyebab adalah kalangan birokrat Tammany Hall yang mendominasi kekuasaan politik New York pada waktu itu.

Pada awal abad ke-20, Central Park menghadapi masalah baru berupa polusi udara dengan semakin banyaknya mobil. Pengunjung juga tidak lagi datang ke taman untuk sekadar berjalan-jalan dan piknik mencari ketenangan, melainkan juga ke taman untuk berolahraga. Pemeliharaan taman menjadi terbengkalai setelah bubarnya Komisi Central Park pada tahun 1870. Andrew Green juga telah mengundurkan diri dari proyek, dan Vaux meninggal dunia pada tahun 1895. Pohon dan tanaman yang sudah mati hampir tidak pernah diganti. Rumput juga dibiarkan botak di sana-sini. Selama beberapa puluh tahun, pemerintah kota hanya sedikit berusaha mencegah vandalisme dan pengotoran yang dilakukan orang di taman.

Keadaan berubah pada tahun 1934 setelah Fiorello LaGuardia terpilih sebagai Wali Kota New York City. Sejumlah 5 dinas kota yang berurusan dengan taman digabung menjadi satu. Robert Moses ditunjuk sebagai pejabat yang bertanggung jawab atas kebersihan taman. Jabatan tersebut menjadikan Moses sebagai salah satu orang paling berkuasa di New York City.

Hanya dalam setahun, Moses berhasil mengubah keadaan menyedihkan taman-taman di New York City, termasuk di antaranya Central Park menjadi taman yang menyenangkan. Rumput dan tanaman bunga ditanam kembali, pohon dan semak yang sudah mati diganti, dinding-dinding diplester kembali, dan jembatan-jembatan diperbaiki. Selain itu, sejumlah perubahan besar juga dilakukan Moses. Waduk Croton ditimbun dan dijadikan lapangan rumput yang luas (sekarang disebut Great Lawn). Central Park yang dulunya menurut Rencana Greensward dibangun sebagai taman yang tenang diperbarui dengan pandangan modern Moses tentang taman. Moses membangun 19 lapangan untuk digunakan sebagai arena bermain, 12 lapangan bisbol dan bola tangan. Moses juga berhasil mendapat dana dari program bantuan New Deal yang dicanangkan Presiden Franklin D. Roosevelt.

Tahun 1960–1980

Pada tahun 1960, Robert Moses turun dari jabatannya sebagai komisaris taman. Namun tidak ada orang yang bisa menggantikan pengaruh dan kekuatan politik yang dimilikinya. Selama 26 tahun mengabdi sebagai komisaris, Moses bukan saja berhasil mengelola taman di New York City, tapi juga membangun proyek-proyek baru. Setelah Moses tidak lagi menjadi komisaris, taman-taman kembali menjadi rusak akibat vandalisme, orang yang membuang sampah sembarangan, corat-coret, dan berbagai acara yang diadakan di taman.

Sepanjang tahun 1960-an, Central Park menjadi tempat “berbagai acara” yang mencerminkan keadaan politik dan budaya pada waktu itu. Festival tahunan Shakespeare in the Park dimulai kelompok Public Theater pada tahun 1961 di Teater Delacorte, sisi barat Central Park. Orkes Philharmonic New York dan Metropolitan Opera juga memulai pertunjukan musim panas di Sheep Meadow dan kemudian di Great Lawn. Sepanjang tahun 1970-an, taman ini menjadi pusat penyelenggaraan berbagai acara, termasuk demonstrasi, protes politik, festival, dan konser besar.

Ketika kota New York dilanda krisis keuangan dan sosial pada pertengahan dekade 1970-an, Central Park menjadi benar-benar terabaikan. Lapangan dan padang rumput sudah berubah menjadi tanah gersang penuh debu beterbangan. Penduduk banyak yang pindah ke pinggiran kota, moral berada di titik terendah, dan angka kejahatan sangat tinggi. Departemen Pertamanan yang sedang kekurangan dana dan tenaga manajemen terampil memberi izin bagi semua acara yang banyak mendatangkan massa. Sejumlah acara tersebut menjadi tonggak sejarah bagi kota New York, sekaligus membawa kerusakan besar bagi taman.

Sejumlah kelompok warga kota mencetuskan ide baru untuk mengelola Central Park. Salah satu organisasi bernama Central Park Community Fund mempelajari pengelolaan dari aspek manajemen. Berdasarkan hasil studi, Central Park membutuhkan seorang birokrat dari Departemen Pertamanan untuk bertanggung jawab atas seluruh aspek manajemen dan perencanaan, dan sebuah dewan pengawas dari kalangan warga kota. Permintaan tersebut mendapat tanggapan dari wali kota Edward Koch. Komisaris Taman bernama Gordon Davis mendirikan kantor baru bernama Administrator Central Park, dan sebuah organisasi warga kota bernama Gugus Tugas Central Park. Badan pengelola bernama Central Park Conservancy didirikan tahun berikutnya.

Pemandangan dari Selatan Central Park

Tahun 1980 hingga sekarang

Di bawah pengelolaan Central Park Conservancy, kemajuan mulai terlihat dalam usaha mengembalikan Central Park sebagai milik warga kota. Central Park Conservancy membayar pekerja lepas, dan membentuk tim kecil untuk pemugaran bangunan, memulai proyek-proyek hortikultura, dan menghapus corat-coret berdasarkan teori “Jendela Pecah”

Pemugaran Central Park diikuti perubahan mendasar di bidang manajemen. Setelah dibangun kembali pada pertengahan 1980-an, Central Park sekarang menggunakan sistem zona dengan seorang pengawas untuk setiap zona. Pemotongan anggaran pada awal tahun 1990-an menyebabkan Departemen Pertamanan kekurangan staf untuk pemeliharaan rutin. Sebagai pengganti, staf pemeliharaan diambil dari pekerja yang digaji Conservancy. Konsep “tukang kebun untuk masing-masing zona” begitu sukses sehingga keseluruhan taman sekarang dibagi menjadi 49 zona. Setiap zona memiliki seorang kepala yang bertanggung jawab atas pemeliharaan sehari-hari. Tukang kebun yang ada di masing-masing zona mengawasi pekerjaan relawan. Pada tahun 2007, Conservancy sudah menghabiskan dana sekitar AS$450 juta untuk pemugaran dan pengelolaan taman, sedangkan sekitar 85% dari anggaran tahunan Central Park yang berjumlah di atas AS$25 juta berasal dari kas Conservancy.

Pemandangan Central Park tahun 2004

Kegiatan di taman

Olahraga

Arena skat es Wollman Memorial

Jalan-jalan di dalam Central Park (Park Drive) yang panjangnya sekitar 9,7 km diramaikan orang bersepeda, berolahraga lari, jogging, dan sepatu roda. Hampir setiap akhir pekan berlangsung perlombaan lari yang sebagian di antaranya diselenggarakan oleh New York Road Runners. Garis akhir Maraton New York City juga berada di taman ini, tepatnya di dekat rumah makan Tavern on the Green

Olahraga berkuda memiliki sejarah panjang di Central Park. Namun satu-satunya stable (kandang kuda) yang tersisa, Claremont Riding Academy harus ditutup pada tahun 2007.

Arena Skat Es dan Kolam Renang Lasker terletak di antara 106th dan 108th Street. Di musim dingin, arena dipakai untuk berskat es, sedangkan di musim panas diubah menjadi kolam renang.

Di Central Park juga terdapat batu-batu besar untuk latihan memanjat. Di kalangan peminat olahraga panjat batu, dua batu besar yang paling populer adalah Rat Rock dan Cat Rock di bagian selatan taman.

Hiburan

Setiap musim panas, kelompok Public Theater mementaskan drama di langit terbuka, serta pementasan dengan aktor teater dan layar lebar terkenal di Teater Delacorte. Hampir semua drama yang dipentaskan adalah karya Shakespeare.

Orkes Philharmonic New York setiap tahunnya mengadakan konser langit terbuka di Great Lawn, sedangkan Metropolitan Opera menyajikan dua kali pementasan opera. Sejumlah musisi terkenal pernah mengadakan konser musik besar-besaran di Central Park,termasuk di antaranya Elton John (1980), reuni Simon and Garfunkel, Diana Ross (1983), Garth Brooks (1997), dan Dave Matthews Band (2003). Sejak tahun 1992, penyanyi sekaligus penulis lagu David Ippolito tampil bernyanyi di depan orang lewat setiap akhir pekan musim panas. Orang menjulukinya sebagai “That guitar man from Central Park” (Gitaris dari Central Park).

Setiap musim panas City Parks Foundation mengadakan panggung hiburan bernama Summerstage. Pada tahun 2005, Summerstage merayakan hari jadi ke 20 dengan mengundang musisi ternama dari dua dekade terakhir, Celia Cruz, David Byrne, Curtis Mayfield, Ladysmith Black Mambazo, serta penerima Hadiah Nobel dan Pulitzer Toni Morrison.

____________________________________________________________________________________________

Sinar krepuskular yang terlihat di Danau Stow, danau buatan terbesar di Taman Golden Gate.

Taman Golden Gate terletak di San Francisco, California, Amerika Serikat. Taman ini merupakan taman yang paling banyak dikunjungi ketiga di seluruh Amerika Serikat dengan jumlah pengunjung tahunan sebanyak 13 juta orang. Taman seluas 4,1 km² ini lebih luas daripada Central Park di New York.

Sekitar 1860-an, para penduduk San Francisco merasa perlu memiliki taman umum. Kemudian dipilihlah tanah di dekat selat Golden Gate yang terkenal dengan jembatannya, untuk dibangun sebuah taman. Tujuan taman ini, selain sebagai tempat rekreasi, juga untuk menarik para penduduk untuk mengembangkan wilayah barat kota San Francisco.

Fitur-fitur utama taman ini termasuk: Taman Teh Jepang, Museum De Young, Taman Memorial AIDS, Stadion Kezar dan Danau Stow yang tampak di gambar.

____________________________________________________________________________________________

Danau Plitvice

Danau Plitvice merupakan sebuah taman nasional di Kroasia, yang terletak di 44.85° U 15.62° T . Sungai Korana telah membentuk 20 danau hambatan batu kapur dan kapur. Di antara danau-danau tersebut membentuk air terjun dan “cascade” yang luar biasa. Dan juga salah satu hutan tua di Eropa.

Danau-danau tersebut terbagi menjadi dua kelompok utama: Bagian Atas dan Bawah.

Danau Atas termasuk:

  • Prošćansko
  • Ciginovac
  • Okrugljak veliko
  • Galovac
  • Gradinsko

Danau besar Bawah adalah:

  • Kozjak
  • Milanovac

Plitvice telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979.

____________________________________________________________________________________________

Lokasi Seoraksan

Seoraksan atau Gunung Seorak adalah puncak tertinggi dari barisan pegunungan Taebaek yang terletak di propinsi Gangwon, di sebelah timur Korea Selatan. Gunung Seorak berada dalam Taman Nasional Gunung Seorak dekat dengan kota Sokcho. Seoraksan adalah gunung tertinggi ke-3 di Korea Selatan setelah Gunung Halla di Jeju dan Gunung Jiri di propinsi Gyeongsang Selatan. Puncak Gunung Seorak dinamakan Daechongbong yang mencapai ketinggian 1.708 meter dari permukaan laut. Rangkaian Taebaek seringkali dianggap sebagai tulang punggung semenanjung Korea.

Gunung Seorak menarik banyak wisatawan domestik dan asing sepanjang tahun, namun puncak kunjungan terjadi pada musim gugur ketika dedaunan menjadi berwarna warni. Kecantikan musim gugur Seoraksan dianggap sebagai salah satu pemandangan musim gugur tercantik di Korea. Dedaunan hutan yang merah dan kuning mewarnai batu-batuan gunung dan aliran mata air mengalir dari sini. Pada musim hujan, terutama saat terjadinya taifun, aliran-aliran mata air itu mengalir deras.

Mungkin bagian yang paling banyak dikunjungi adalah lembah di pintu masuk ke taman nasional, 15 menit dari gerbang masuk taman. Lembah ini memiliki banyak situs menarik.

Air terjun Yukdam dan Biryeong terletak di sisi kiri lembah, sekitar 40 menit berjalan dari tempat parkir mobil utama. Ulsanbawi (batu Ulsan) adalah formasi batu yang unik yang dapat dicapai dengan menyusuri jalur pendakian dan menaiki lebih dari 800 buah anak tangga. Di tengah jalan ke sana terdapat 2 buah vihara dan batu heundeul (Heundeulbawi) yang terletak di atas puncak batu yang lebih besar. Batuan ini tingginya 5 meter dan konon dapat dipindahkan dengan sedikit menguras tenaga. Ribuan orang telah mencoba mendorong batu Heundeul, namun tidak seorang pun yang berhasil mendorong batu itu.

Menurut legenda rakyat Korea Ulsanbawi berasal dari kota Ulsan di tenggara Korea. Saat Kumgangsan dibuat, Ulsanbawi berjalan ke arah utara untuk mewakili Ulsan. Namun Ulsanbawi terlambat dan tidak ada lagi tempat yang tersisa. Ulsanbawi menjadi malu dan pulang kembali ke selatan. Pada suatu malam, ia tertidur di wilayah Gunung Seorak. Ulsanbawi merasa tempat itu sangat indah dan akhirnya memutuskan untuk tinggal di situ.

Bentukan-bentukan batu gunung Seorak sangat menarik. Di dekat pintu masuk terdapat Lembah Cheonbuldong atau lembah seribu Buddha. Dinamakan demikian karena bentuk bebatuan gunung yang lancip-lancip dikatakan mirip figur Buddha yang tercipta secara alami.

Seoraksan
Tinggi 1.708 meter (5.603 kaki)
Letak Korea Selatan
Koordinat 37°45′ LU 128°29′ BT
Rute pendakian termudah daki, panjat
Patung Buddha di pintu masuk Taman Nasional
Gunung Gwonggeumseong
Air terjun Biryong

___________________________________________________________________________________________

Taman Nasional Kakadu*
Situs Warisan Dunia UNESCO

Kakadu Escarpment
Negara Peserta Bendera Australia Australia
Tipe large
Kriteria i, vi, vii, ix, x
Referensi 147
Wilayah Asia-Pacific
Sejarah prasasti
Prasasti resmi 1981 (Sesi 5th)
Ekstensi 1987; 1992
* Nama resmi dalam Daftar Warisan Dunia.
† Menurut klasifikasi resmi UNESCO.

Taman Nasional Kakadu adalah taman nasional yang terletak di Australia Utara, 171 km sebelah timur Darwin. Taman Nasional Kakadu terletak di daerah sungai Alligator di Australia Utara. Taman Nasional Kakadu menutupi area seluas 19.804 kilometer persegi, terbentang hampir 200 kilometer dari utara ke selatan dan lebih dari 100 kilometer dari barat ke timur. Taman Nasional ini sebesar Israel, sekitar sepertiga besar Tasmania, atau setengah dari besar Swiss.

____________________________________________________________________________________________

Koordinat: 32°10′31″LU,104°26′38″BB

Formasi dalam di Goa Carlsbad

Taman Nasional Goa Carlsbad adalah Taman Nasional Amerika Serikat yang berlokasi di bawah Pegunungan Guadalupe yang terletak di sudut tenggara New Mexico, Amerika Serikat dengan kota terdekat di Carlsbad, New Mexico. Labirin alami yang terletak di bawah tanah ini memiliki areal ±189.26 km². Memiliki 76 goa yang terpisah, dan banyak wilayah sekeliling yang belum dijelajahi.

Goa Carlsbad memiliki tiga tingkat ke bawah, rata-rata 750,9 kaki (230.27 m) dam 1.320 kaki (400 m) di bawah permukaan tanah. Kawasan terdalam terdapat di kedalaman 1.565 kaki (480 m) di bawah permukaan.

Sejarah

Eksplorasi ekstensif pertama yang diadakan di Goa Carlsbad dilakukan oleh Jim White sekitar tahun 1910. Ia pula menjelajahi banyak ruangan dan memberikan nama-nama termasuk Big Room, New Mexico Room, King’s Palace, Queen’s Chamber, Papoose Room, dan Green Lake Room. Goa Carlsbad menjadi Monumen Nasional Amerika Serikat pada tahun 1923 dan dirancang kembali sebagai taman nasional pada tahun 1930. Jim White adalah penjaga pertama Goa Carlsbad.

Nama Kota Carlsbad dan kemudian Taman Nasional Goa Carlsbad seharusnya mengambil nama dari Karlovy Vary (Carlsbad), Republik Ceko, yang dalam Bahasa Jerman berarti Charles’ Baths.

____________________________________________________________________________________________

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang*
Situs Warisan Dunia UNESCO

Phong Nha Cave
Negara Peserta Bendera Vietnam Vietnam
Tipe Natural
Kriteria viii
Referensi 951
Wilayah Asia-Pacific
Sejarah prasasti
Prasasti resmi 2003  (Sesi 27th)
* Nama resmi dalam Daftar Warisan Dunia.
† Menurut klasifikasi resmi UNESCO.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, (Bahasa Vietnam: Vườn quốc gia Phong Nha-Kẻ Bàng) adalah taman nasional penting yang dapat ditemukan di Vietnam selatan,Provinsi Quang Binh, sekitar 500 km sebelah slatan dari Hanoi, 1200 km sebelah utara dari Kota Ho Chi Minh. Taman Nasional ini melindungi salah satu daerah terbesar hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa di Vietnam. Taman nasional Phong Nha-Ke Bang adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang dilindungi pada tahun 1986 sebagai dua sektor, Phong Nha dan Ke Bang.

Pada bulan April 2009, british penjelajah menemukan sebuah gua baru disini, gua terbesar di dunia, lebih besar dibandingkan dengan Deer gua di Gunung Mulu taman nasional di Malaysia.

Koordinat: 17°32′14″LU,106°9′4.5″BT

____________________________________________________________________________________________

Air Terjun Yellowstone Bawah di Sungai Yellowstone River mengalir ke Grand Canyon Yellowstone

Yellowstone National Park adalah taman nasional di Amerika Serikat. Terletak di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho. Meliputi 3.468 mil² (8.983 km²). Yellowstone National Park merupakan taman nasional tertua di dunia, didirikan pada tanggal 1 Maret 1872 saat Presiden Amerika Serikat Ulysses S. Grant menandatangani hukum untuk mengesahkannya.

Yellowstone National Park terkenal akan geyser dan sumber air panasnya. Geyser terkenal di dunia, Old Faithful Geyser, ada di sini. Di sini juga hidup beruang grizzly, serigala, bison dan rusa. Banyak wisatawan mancanegara mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan kehidupan margasatwa dan keindahan alamnya.

____________________________________________________________________________________________

Þingvellir di musim panas

Þingvellir atau Thingvellir (bahasa Islandia “Þing”: parlemen, “vellir”: daratan) adalah tempat di barat daya Islandia dekat semenanjung Reykjanes dan daerah gunung berapi Hengill.

Ada 2 hal mengapa tempat ini terkenal:

  • Sebagai salah satu dari tempat terpenting dalam sejarah Eslandia. Pada 930 Althingi, salah satu institusi parlemen tertua di dunia didirikan oldest. Alþingi bertemu tiap tahun, saat juru bicara hukum mengutip hukum kepada semua orang yang berkumpul dan menyelesaikan pertentangan juga. Pada 999 atau 1000 jubir hukum Þorgeir Ljósvetningagoði menjadikan agama Kristen agama resmi Islandia. Konon, setelah masuk Kristen, setelah kembali dari Alþingi, Thorgeirr Ljosvetningagodi melemparkan berhala dewa Norman kuno ke air terjun yang kini dikenal dengan nama Goðafoss (“Air Terjun Para Dewa”). Di tempat bersejarah, kemerdekaan Republik Islandia diproklamirkan pada 17 Juni 1944.

Almannagjá di Þingvellir
  • Sebagai taman nasional (sejak 1928) karena lingkungan tektonik dan gunung berapinya yang khas. Dengan arus benua dapat terlihat di patahan geologi yang melintasi daerah itu, yang terbesar, Almannagjá, menjadi ngarai. Ini juga menyebabkan seringnya gempa bumi di daerah ini.

Peta

Þingvellir terletak di pesisir utara Þingvallavatn, danau terbesar di Islandia. Sungai Öxará melintasi taman nasional dan membentuk air terjun di national Almannagjá, yang disebut Öxaráfoss. Bersama dengan air terjun Gullfoss dan geyser Haukadalur, Þingvellir merupakan salah satu pemandangan yang paling menarik di Islandia, Lingkaran Emas.

Þingvellir ialah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

____________________________________________________________________________________________

Batas-batas Taman Nasional Namib-Naukluft dan Cagar Alam Namib Rand

Taman Nasional Namib-Naukluft adalah taman nasional di Gurun Namib yang terletak di bagian barat daya Afrika. Taman nasional ini memiliki spesies ular, tokek, serangga, hyena, dan jackal yang sanggup bertahan di wilayah beriklim sangat kering. Kabut yang membawa uap air dari Samudra Atlantik berubah menjadi hujan yang sebagian besar hanya turun di bulan Februari dan April. Curah hujan per tahun di taman nasional ini hanya sebesar 106 milimeter per tahun.

Angin yang membawa kabut sekaligus membentuk guguk pasir di Taman Nasional Namib-Naukluft. Usia guguk pasir bisa ditentukan dari warnanya. Besi dalam pasir teroksidasi secara perlahan-lahan seperti halnya besi yang berkarat. Pasir yang lebih tua memiliki warna oranye tua yang lebih terang. Guguk pasir di taman nasional ini merupakan guguk pasir tertinggi di dunia, tingginya dari permukaan padang pasir bisa mencapai 300 meter. Ribuan burung banyak mendatangi guguk pasir yang melandai di daerah pesisir, laguna, lahan basah, serta rawa-rawa sepanjang pantai.

Kata “Namib” berarti wilayah terbuka, dan nama negara Namibia (tanah wilayah terbuka) diambil dari nama Gurun Namib. Pemerintah kolonial Jerman menetapkan Taman Nasional Namib-Naukluft pada tahun 1907 ketika menentukan wilayah antara Sungai Swakop dan Kuiseb River sebagai lahan perburuan. Taman nasional ini luasnya sebesar 49.768 km² (kira-kira sama luasnya dengan negara Swiss).

____________________________________________________________________________________________

Cagar Alam Jembatan Darat Bering

Cagar Alam Nasional Jembatan Darat Bering (bahasa Inggris: Bering Land Bridge National Preserve) merupakan salah satu taman nasional yang terpencil, terletak di Semenanjung Seward, Alaska barat daya, Amerika Serikat. Cagar alam ini merupakan sisa dari jembatan darat yang menghubungkan Asia dengan Amerika Utara lebih dari 13.000 tahun yang lalu. Sebagian besar jembatan darat ini, yang pernah mencapai lebar ribuan mil, sekarang terletak di bawah perairan Laut Chukchi dan Bering.

Awalnya cagar alam ini didirikan sebagai Monumen Nasional Jembatan Darat Bering (bahasa Inggris: Bering Land Bridge National Monument) pada tanggal 1 Desember 1978. Pada tanggal 2 Desember 1980, sebutan tersebut diubah menjadi namanya yang sekarang. Cagar Alam Nasional Jembatan Darat Bering memiliki beberapa tempat yang secara geologis dan prasejarah penting.

____________________________________________________________________________________________

Flora di Taman Nasional danau St Clair-gunung Cradle.

Taman Nasional danau St Clair-gunung Cradle adalah taman nasional yang terletak di Tasmania (Australia), 165 km sebelah barat laut Hobart. Taman ini memiliki jalan untuk dilewati. Fitur utama taman ini adalah danau St Clair dan di utara, gunung Cradle. Tempat ini adalah bagian dari situs warisan dunia Tasmania.

____________________________________________________________________________________________

Peta lokasi Taman Nasional Sequoia di AS

Taman Nasional Sequoia adalah taman nasional di selatan Sierra Nevada, tenggara Fresno, California, Amerika Serikat. Taman ini merupakan taman nasional ketiga yang dibentuk di Amerika Serikat (1890). Dengan wilayah meliputi 1,635 km², taman ini ditempati oleh Gunung Whitney, titik tertinggi di 48 negara bagian AS pada ketinggian 4.421,1 m dpl. Taman ini bersebelahan dengan Taman Nasional Kings Canyon yang keduanya dikelola sebagai satu unit oleh National Park Service. Taman ini terkenal oleh pohon Sequoia Raksasa-nya, termasuk Jenderal Sherman, pohon terbesar di muka bumi. Pohon ini tumbuh di Giant Forest, yang memiliki lima dari 10 pohon terbesar dalam hal volume kayu di dunia.

____________________________________________________________________________________________

Lolaso Tiergarten

Tiergarten (dari bahasa Jerman yang berarti Kebun Binatang) adalah nama taman besar di pusat Berlin dan kawasan di borough Mitte. Sebelum reunifikasi Jerman, Tiergarten adalah bagian dari Berlin Barat. Sampai reformasi pemerintahan Berlin 2001, Tiergarten juga merupakan nama borough, terdiri dari wilayah Tiergarten sekarang plus Hansaviertel dan Moabit.

2 Tanggapan

  1. …bagus memang jika kota-kota banyak pohon-pohon, tertata rapi, sejuk, indah… dan akan lebih indah lagi jika orang-orangnya punya agama dan akhlak yg baik… seperti pohon yang baik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: