Kebun Binatang

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia, terletak di jalan Setail No. 1 Surabaya, KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Sejarah

Kebun Binatang Surabaya (KBS) pertama kali didirikan berdasar SK Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 No. 40, dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” (Kebun Botani dan Binatang Surabaya) atas jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang. Dari segi finansial H.F.K Kommer mendapat bantuan dari beberapa orang yang mempunyai modal cukup.

Susunan Pengurus Pertama Kebun Binatang Surabaya :

  • Ketua: J.P Mooyman
  • Sekretaris: A.H. de Wildt
  • Bendahara: P Egos, dibantu 6 orang anggotanya yaitu :
  1. F.C. Frumau
  2. A. Lenshoek
  3. H.C. Liem
  4. J. Th. Lohmann
  5. Edw. H. Soesman
  6. M.C. Valk

Lokasi KBS yang pertama di Kaliondo, pada tahun 1916, kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di jalan Groedo. Dan pada tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru atas jasa OOST-JAVA STOOMTRAM MAATSCHAPPIJ atau Maskapai Kereta Api yang mengusahakan lokasi seluas 30.500 m2.

Untuk pertama kali pada bulan April 1918, KBS dibuka namun dengan membayar tanda masuk (karcis). Kemudian akibat biaya operasional yang tinggi, maka pada tanggal 21 Juli 1922 kebun botani / KBS mengalami krisis dan akan dibubarkan, tetapi beberapa dari anggotanya tidak setuju. Pada tahun ini pula. Dalam rapat pengurus diputuskan untuk membubarkan KBS, tetapi dicegah oleh pihak Kotamadya Surabaya pada waktu itu.

Pada tanggal 11 Mei 1923, rapat anggota di Simpang Restaurant memutuskan untuk mendirikan Perkumpulan Kebun Binatang yang baru, dan ditunjuk W.A. Hompes untuk tinggal didalam kebun dan mengurus segala aktivitas kebun (pimpinan). Bantuan yang besar untuk kelangsungan hidup pada waktu tahun 1927 adalah dari Walikota Dijkerman dan anggota dewan A. van Gennep dapat membujuk DPR Kota Surabaya untuk meraih perhatian terhadap KBS, dengan SK DPR tanggal 3 Juli 1927 dibelilah tanah yang seluas 32.000 m3 sumbangan dari Maskapai Kereta Api (OJS). Tahun 1939 sampai sekarang luas KBS meningkat menjadi 15 hektar dan pada tahun 1940 selesailah pembuatan taman yang luasnya 85.000 m2.

Dalam perkembangannya KBS tlah berubah fungsinya dari tahun ke tahun. Kebun Binatang Surabaya yang dahulu hanya sekedar untuk tempat rekreasi telah dikembangkan fungsinya menjadi sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Binatang-binatang yang menjadi koleksi KBS dari tahun ke tahun jumlah dan jenisnya terus bertambah, baik berasal dari luar negeri maupun yang berasal dari dalam negeri.

____________________________________________________________________________________________

Kebun Binatang Ragunan

Gajah di Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektar ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, namun dibuka kembali pada 11 Oktober.

____________________________________________________________________________________________

Kebun Binatang Medan adalah sebuah kebun binatang di Medan, Indonesia. Lokasinya terletak di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilometer dari pusat kota ke arah Brastagi.

Kebun binatang yang saat ini merupakan kebun binatang baru yang diresmikan Walikota Medan, Abdillah, pada 14 April 2005. Sebelumnya Kebun Binatang Medan terletak di Jl. Brigjen Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun.

Meskipun baru, kebun binatang di Simalingkar banyak dikritik karena dianggap tidak menyediakan fasilitas yang layak bagi menampung hewan-hewan yang dimilikinya. Suasana yang gersang serta pemberian makanan yang kurang bagi para hewan juga menjadi masalah yang dihadapi kebun binatang ini.

Sekitar 1.000 orang mengunjungi kebun binatang seluas 30 hektar ini setiap akhir minggunya. Pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung diperkirakan berjumlah 150 orang setiap harinya.

____________________________________________________________________________________________

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Loka artinya tempat, gembira ya gembira. Syahdan, hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebon binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka diatas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora.

Letaknya di daerah aliran sungai Gajah Wong. Akses menuju Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas.

Kebun binatang Gembira loka kini memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Setiap tahunnya ada tambahan penghuni. Sudah beberapa kali binatang gajah melahirkan anaknya, juga binatang langka Komodo telah menetaskan telurnya. Di Gembira Loka orang dapat bersuka ria dengan santai menggunakan perahu boad yang disediakan di telaga tersebut. Disamping dapat menikmati bermacam-macam jenis pohon yang tumbuh melengkapi keberadaan kebun raya.

Satu hal yang memprihatinkan adalah banyak kondisi satwa yang kurang terurus. Banyak fasilitas yang seakan seadanya saja. Hal itu karena pendapatan dari tiket masuk sangat kecil dari sedikitnya wisatawan yang berkunjung.

____________________________________________________________________________________________

Pintu masuk

Taman Zoologi Nasional Smithsonian, umumnya disebut Kebun Binatang Nasional, adalah kebun binatang yang terletak di kota Washington, D.C., Amerika Serikat. Kebun binatang ini terakreditasi oleh Association of Zoos and Aquariums (AZA). Kebun binatang ini didirikan tahun 1889.

____________________________________________________________________________________________

Harimau Sumatra di kebun binatang Adelaide

Kebun Binatang Adelaide adalah kebun binatang tertua kedua di Australia yang terletak di Adelaide, Australia Selatan dan satu-satunya kebun binatang metropolitan utama di Australia yang dimiliki dan dioperasikan oleh basis tanpa keuntungan. Kebun binatang ini juga memiliki Kebun Binatang Monarto didekat jembatan Murray. Kebun Binatang ini memiliki hampir 300 spesies dengan lebih dari 3.400 binatang di tempat ini.

____________________________________________________________________________________________

Koala yang terdapat di Koala Sanctuary, Sydney Wildlife World

Sydney Wildlife World (Dunia kehidupan liar, Sydney) adalah sebuah kebun binatang yang berlokasi di Darling Harbour, Sydney bergandengan dengan Sydney Aquarium. Sydney Wildlife World pertama kali dibuka pada bulan September 2006.

Sejarah

Pada bulan Mei 2002, Sydney Aquarium Pty Ltd mengumumkan rencana untuk memperluas daerah akuariumnya untuk mendirikan sebuah kebun binatang. Setelah pengumuman ini Sydney Aquarium mengganti namanya menjadi Sydney Attractions Group. Konstruksi dimulai pada bulan November 2004 dan selesai pada bulan Agustus 2006. Pembangunan ini memakan biaya AUD$45 juta. Sydney Wildlife World kini menjadi kompetitor kebun binatang Taronga yang utama.

Desain

Sebagai kebun binatang, Sydney Wildlife World mempunyai desain yang tidak biasa. Tempatnya tertutup dan dilengkapi dengan pendingin udara. Pengunjung dapat berjalan di jalanan sepanjang 1 km di dalam gedung seluas 7000 meter persegi ini. Di kanan dan kiri di sepanjang jalanan ini (di dalam kandang kaca) terdapat kurang lebih 6000 binatang asli Australia.

Peragaan

Kangguru yang terdapat di Wallaby Cliffs, Sydney Wildlife World

Sydney Wildlife World dibagi menjadi beberapa bagian yang mempertunjukkan habitat-habitat yang berbeda:

  • Butterflies – Flutter Bys mempertunjukkan kupu-kupu
  • Invertebrates – Spineless Wonders mempertunjukkan binatang takbertulang belakang
  • Reptiles – Scales and Tails mempertunjukkan binatang reptil
  • Flight Canyon – Walking on Air mempertunjukkan burung-burung
  • Nocturnal After Dark mempertunjukkan binatang malam
  • Semi-Arid Grasslands – Red Heart mepertunjukkan binatang dari habitat padang rumput gersang
  • Rainforest – Lush Canopy mempertunjukkan habitat hutan hujan
  • Wallaby Cliffs – High and Dry mempertunjukkan binatang dari habitat tinggi dan kering
  • Koala Sanctuary – Gum Tree Gully mempertunjukkan binatang koala

____________________________________________________________________________________________

Harimau Sumatra di Kebun Binatang Melbourne

Kebun Binatang Melbourne adalah kebun binatang yang terletak di Melbourne, Australia yang memiliki lebih dari 350 spesies binatang dari Australia dan seluruh dunia. Kebun Binatang Melbourne adalah kebun binatang tertua di Australia. Kebun Binatang ini dibuka di lahan seluas 22 hektar tahun 1862 yang didanai oleh kota Melbourne. Di kebun binatang ini, selain terdapat hewan, juga terdapat taman dan tempat piknik. Banyak binatang diatur di zona tertentu, contohnya hutan hujan Afrika terdapat hewan Afrika seperti gorila, dan lain-lain.

Koordinat: 37°47′05″S 144°57′08″E / 37.784762°S 144.952095°E

____________________________________________________________________________________________

Jerapah di Kebun Binatang Taronga Sydney dengan pencakar langit Sydney di latar belakang

Kebun binatang Taronga (Taronga Zoo) adalah kebun binatang kota Sydney, Australia yang pertama kali dibuka pada tanggal 7 Oktober 1916. Kebun binatang ini terdapat di daerah pesisir pantai dari pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) di Mosman.

Luas kebun binatang ini adalah 287 hektar dan memiliki lebih dari 26.000 binatang. Kebun binatang ini dibagi menjadi delapan area dengan permacam anjungan dalam gedung dan pergaan di luar gedung.

Sejarah

Merupakan kebun binatang umum pertama di New South Wales yang dibuka pada tahun 1884 di Billy Goat Swamp di Moore Park. Setelah kembali dari Jerman di tahun 1908, Albert Sherbourne Le Souef, sekertaris kebun binatang ini, membayangkan sebuah kebun binatang baru berdasarkan konsep kebun binatang tanpa penghalang yang ia lihat di kebun binatang Hamburg.

Setelah menyadari bahwa tempat di Moore Park terlalu kecil, pemerintah NSW memberikan tanah seluas 43 acres di sebelah utara Sydney Harbour. Tambahan tanah seluas 9 acres diberikan pada tahun 1916.

____________________________________________________________________________________________

Kebun Binatang Hobart adalah kebun binatang yant reletak di Hobart, Tasmania, Australia. Kebun Binatang ini sangat dekat dengan tempat rumah gubernur dan taman botani Tasmania. Tempat ini terkenal sebagai lokasi tempat harimau Tasmania terakhir tahun 1936 yang meninggal pada tanggal 7 September 1936. Kebun binatang ini ditutup pada tahun 1937 karena masalah keuangan. Tempat ini diambil oleh angkatan laut Australia dan diganti menjadi depot gudang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: