AKU

Aku

Aku

Saya dilahirkan di Surabaya dan diberi nama oleh orang tua saya, Didik Wahju Widjaja.

Mencintai gunung, hutan, flora, dan fauna Indonesia merupakan hal yang sangat luhur.  Perwujudannya dapat bermacam-macam. Kecintaan itu perlu terus dipertahankan, dikembangkan, dan dilestarikan.

Harapan rekan-rekan dapat meningkatkan kecintaan kepada gunung, hutan, flora, dan fauna Indonesia dengan cara dan kemampuan sesuai latar belakang. Amin 7x.

Materi diambil dari berbagai sumber, termasuk WIKIPEDIA. Saya menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas materi-materi tersebut.

Tidak ada tujuan komersialisasi selain hanya sebagai media dan wahana untuk meningkatkan cinta Indonesia.

Silahkan kunjungi blog saya lainnya tentang laut Indonesia http://richocean.wordpress.com/

Keluarga Besar

Keluarga Besar - Istri saya, dr. Shinta Stri Ayuda Nur Setianingsih. Anak pertama kami, kakak Ahmad Rizqi Ramadhan, kelas 2 SD Al-Biruni. Anak kedua kami, adik Rohim Nur Firdauz, kelas TK A Al-Biruni. Bapak - Ibu - Kakak & Suami, Adik - Istri, Keponakan2

Outing rekan-rekan satu departemen

Outing rekan-rekan satu departemen

buka_puasa

Buka puasa bareng di Plaza Semanggi 15 September 2009

Outing bareng rekan2 kantor ke Puncak 5-6 Pebruari 2010

Buka puasa bareng di Plaza Semanggi 1 Oktober 2010. 1 temen sedang photo. 3 temen sudah pulang duluan

Wisuda Universitas Padjajaran Bandung 25 Agustus 2010. Dari kiri ke kanan : Bapak Djumadi Notodihardjo SH, Ibu Sugiarti, AKU-Didik Wahju Widjaja, Putra Ahmad Rizqi Ramadhan, Istri dr. Shinta Stri Ayuda NS SpPK, Putra Rohim Nur Firdaus, Ibu Mertua Hj. Alwiyah, Bapak Mertua H. dr. Tantyo Suharto

Keluarga besar - Lebaran 2010 di Malang. Klik di gambar untuk memperbesar. Nama lengkap dari belakang kiri : BUDI RAHARJO SH, dr. IDA MEGAWATI, drh. HUDI SAMBODO, drh. IRNA KARTIKAWATI, DIAN AYU RAHMAWATI, SH, M.Kn, drg DIYAH SUKARYANINGRUM, BUDI DHARMA WIJAYA ST, dr. Shinta Stri Ayuda NS SpPK, Ir, Didik Wahju Widjaja, SE, MM. Dari depan kiri : ALMEER NAUFAL HAKIM, TALITHA ELFIRA AYU KHARISMA, M. RA'UF AL KAYYIS, M. RASYID AL HAKIM (tak ada di foto - lagi nangis), Bapak DJUMADI NOTODIHARDJO SH, Ibu SUGIARTI, FAIZZA ALLIYA PUTERI, SONYA MAHARANI, Rohim Nur Firdaus, Ahmad Rizqi Ramadhan

Sedang jalan2 ke Borobudur 21 Mei 2011

Sedang jalan2 ke Borobudur 21 Mei 2011

Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata adalah suatu wahana untuk berwisata dan belajar yang berbasis tanaman, hewan, dan hutan, yang berlokasi di gunung, di Jawa Barat. Rizqi Firdaus berasal dari nama anak pertama saya, Ahmad Rizqi Ramadhan dan Rohim Nur Firdaus, anak kedua saya.

Saat ini wahana tersebut masih merupakan mimpi buat saya di mana moga-moga suatu saat dengan pertolongan Tuhan bisa menjadi kenyataan.

Latar belakang penciptaan wahana tersebut :
1. Semakin jauhnya generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal bahkan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia sebagai sumber kehidupan sejati bagi manusia
2. Kurangnya wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu / beruntung untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia

Tujuan :
1. Menginspirasi generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia
2. Hiburan yang sehat dan mendidik untuk keluarga saling bersilaturahmi dan lebih dekat dengan alam

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata😆

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata 1😆

LIHAT RINCI FOTO Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata 2😆

Agro wana widya wisata berada di gunung / pegunungan / perbukitan yang masih asri, jauh dari campur tangan manusia. Keaslian alam semaksimal mungkindipertahankan di mana akses ke lokasi masih mengandalkan kondisi alam yang asli. Kawasan ini dikembangkan berawal dari pucuk gunung / bukit dengan kemiringan 30-45o, ketinggian sekitar 75 meter dari bawah kawasan dan diameter sekitar 150meter, dengan luas sekitar 40.000 meter persegi.

Fasilitas wahana dibagi menjadi 8 sektor.

Sektor Wahana

Sektor Wahana

Fasilitas :
1. Sektor hutan asli
2. Sektor air terjun & sungai
3. Sektor hutan konservasi A
4. Sektor hutan konservasi B
5. Sektor budidaya tumbuhan
6. Sektor budidaya hewan
7. Sektor zona anak-anak
8. Sektor zona dewasa

Sektor hutan asli berupa hutan alam asli yang belum pernah dijelajahi apalagi ditebang. Tujuannya adalah untuk memperoleh ekosistem alam asli sehingga semaksimal mungkin didapatkan tunbuhan dan hewan asli hutan tersebut. Sektor ini digunakan HANYA untuk melakukan berbagai penelitian oleh pribadi maupun institusi (IPB, UI, UGM, dan lain-lain) setelah mendapat izin. Penilitian dilakukan tanpa dipungut biaya untuk memasuki sektor hutan namun dengan syarat utama hasil penelitian harus boleh untuk dipublikasikan oleh kami dalam berbagai bentuk (hardcopy, softcopy, web) untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Lisensi atau paten atau sejenisnya tetap menjadi milik sepenuhnya pihak peneliti. Saat ini saya sangat prihatin bahwa para peniliti dan institusi yang dapat melakukan penelitian dan pihak yang memiliki potensi dokumentasi belum secara maksimal melakukan publikasi hasil penelitian mereka melalui internet. Semoga melalui wahana ini, lebih banyak hasil penelitian yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara benar, mudah, dan murah.

Sektor air terjun & sungai berupa hutan alam asli. Sektor ini dapat untuk melakukan penelitian seperti di atas. Selain itu dimanfaatkan untuk melakukan penjelajahan alam oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya.

https://i2.wp.com/www.kapassc.co.cc/web_images/Timponang%201%20a.jpg

Sektor hutan konservasi A dan B berupa hutan yang boleh dijelajahi oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya. Di sektor ini pun, penelitian masih dapat dan boleh dilakukan. Sebagian pohon & tanaman hutan boleh ditebang atas pertimbangan tertentu.

Artinya separuh kawasan wahana merupakan wilayah yang semaksimal mungkin masih asri.

Sektor budidaya tumbuhan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan tanaman budidaya sesuai dengan kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, pohon, buah, bunga, dan lainnya.

Sektor budidaya hewan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan hewan budidaya sesuai kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, ternak, serangga, dan lainnya.

Sektor zona anak-anak merupakan wilayah di mana anak-anak dapat bermain dengan aman dan mendidik. Wilayah ini bersebelahan dengan sektor budidaya hewan agar anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan-hewan. Berbagai kegiatan bermain sambil belajar dapat dikembangkan di sini.

Sektor zona dewasa merupakan wilayah di mana orang dewasa dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan alam. Wilayah ini dapat berupa bangunan-bangunan sesuai kebutuhan, seperti rumah kaca, musium, herbarium, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Untuk memasuki wilayah ini GRATIS dari tiket karena seluruh aktifitas mendapat dana dari para sponsor yang diperbolehkan memasang papan reklame / iklan dan menjual produk mereka di wilayah wahana seperti produsen pupuk & pestisida, fotografi, hotel, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak hanya dari mereka yang mampu sehingga semakin banyak orang yang dapat mengenal dan mencintai alam Indonesia tanpa perlu khawatir dengan masalah biaya.

Wahana ini sangat menitikberatkan pada publikasi berbagai tumbuhan dan hewan, pohon, pemandangan alam yang ada di kawasan melalui berbagai publikasi terutama internet (web, blog) sehingga para peneliti dapat menyampaikan semua hasil penelitiannya begitu juga para pengunjung dapat menyampaikan foto2 dan cerita pengalamannya melalui blog yang disediakan di wahana.

Wahana ini sangat tidak menekankan pada komersialisasi, kebahagiaan untuk berbagi merupakan hal sangat penting di sini. Namun bukan berarti untuk mewujudkan dan mengelola dapat dijalankan dengan tidak profesional, tanpa dana yang jelas. Kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat meluaskan segala hal positif yang ada di kawasan tanpa dipungut biaya komersial sangat diutamakan. Para donatur atau simpatisan yang percaya dapat memberikan partisipasi mereka dalam berbagai bentuk seperti kemudahan / fasilitas, dana, hewan, tumbuhan, tulisan, dan masih banyak lainnya.

Kami berusaha untuk memberikan wahana mengenal dan mencintai hewan, tumbuhan, hutan, gunung, alam Indonesia seluas-luasnya dari berbagai pihak untuk berbagai pihak dengan menekankan pada kebersamaan dengan sangat tidak menekankan komersialisasi. Kami berusahan agar suksesnya wahana ini dapat menjadi tabungan akhirat.

Saat ini yang dapat saya lakukan di sela kegiatan rutin saya adalah membuat blog ini di mana diharapkan sedikit bisa membantu siapa saja yang membutuhkan. Blog ini merupakan gambaran kecil dari Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata yang saya impikan. Saya sangat awam di bidang usaha apalagi pengelolaan kawasan di atas. Saya juga tidak memiliki dana dan masih mencoba menabung semampu saya di mana minimal 200 juta rupiah untuk hanya pembelian lokasi. Saya masih harus banyak belajar. Namun saya memiliki keyakinan kuat, jika mimpi saya ini dapat terwujud atas izin Tuhan melalui berbagai cara termasuk bantuan rekan-rekan yang memiliki visi seperti yang baik termasuk para blogger yang memiliki blog yang menjadi inspirasi saya. Bagi mereka yang ingin membantu mewujudkan mimpi saya, silahkan memberikan komentar dan masukan apapun. Amin 7x.

60 Tanggapan

  1. Wah…, sebenarnya agak bingung juga saat pertama kali masuk ke sini. Namun lumayan juga sebagai tambahan referensi.

    Oh ya Mas Didik (manggilnya gitu ya?), tolong jika bisa sertakan tautan balik ke sumber referensi, seperti kata Mas Didik sendiri menggunakan Wikipedia dan sumber lainnya. Lumayan kan sebagai sarana validasi dan saling membangun nantinya, siapa tahu banyak yang memberikan masukkan, sekaligus kita menghargai mereka yang sudah membuat tulisan yang menjadi referensi kita.

    Happy Blogging😀

  2. Sangat setuju namun maaf saja sampai sekarang belum tahu cara buatnya makanya tampilan blog-nya juga seadanya. Maklum masih belajar🙂 Kalau ada referensi bagaimana cara buatnya di WordPress …

    • Tenang Mas, tampilan ga masalah yang penting isi-nya dulu, kan menulis buat menyampaikan sesuatu.

      Belajar pelan-pelan nanti juga bisa kalau masalah-masalah lainnya. Coba tengok Panduan Belajar WordPress atau blog-nya Dani Iswara

      Saya juga masih pemula yang perlu banyak belajar koq, yang penting kan menikmati asyiknya menulis dulu😀

  3. Wah, asyik juga nih blognya. Bisa jadi semacam ensiklopedi. Saya juga punya blog tapi digarap secara gaptek dan gapnet. Tapi kata2 Cahya cukup menghibur juga, dan terimakasih pula untuk infonya. (ahmadhaes.wordpress.com).

    • Semoga bisa bermanfaat. Posting-nya masih belum tuntas … masih banyak yang belum sempat di-posting🙂

  4. waaahhhh… seneng binattang ya mas…. sama dong… hehehe…. saya paling seneng sama binatang ikan dan bebek… apalagi yang udah mateng, hehehe…… salam sukses….

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  5. kita harus melestarikan hutan kita mulai dari diri sendiri sesuai kemampuan kita. saat ini bisanya baru buat blog biar teman2 mulai dari mengenal lalu bisa mencintai🙂

  6. Membaca tulisan-tulisan di blog Mas, saya jadi sedikit lega… ternyata “kita” ini masih cukup banyak… buat bergabung untuk bagaimana mempertahankan apa yang ada di negeri ini, khususnya flora, fauna dan ekosistem yang ada, yang saat ini kelihatannya seperti tidak dapat direm kehancurannya… Respek banget buat Mas, semoga tidak pernah kering inspirasi buat berhalo-halo demi kelestarian alam ini…
    Thanks!

  7. Terima kasih atas penyemangatnya. Moga2 banyak rekan2 lainnya yg terinspirasi dan dapat berbuat lebih banyak utk save our forest mulai dari yg paling kecil, sepele.

  8. salam kenal mas.
    wah isinya bagus2 ya.
    kayanya aku bisa sering2 mampir nih, jangan bosan nanti ya.hehehe

  9. Terima kasih sudah mampir. Semakin sering mampir, artinya isinya semakin bermanfaat, semakin asyik …😆

  10. Wah…bagus sekali, Om…ra’uf & rasyid pasti suka blog ini karena bisa belajar mengenai flora & fauna….Om didik, terima kasih ya…..keponakan di malang🙂

  11. weleh2 … ayo banyak main di sini biar keponakan tambah pinter2 …😆

  12. bos tuker link yah…….ud saya pasang….biar gampang kl mau mampir heheh

  13. wah, ahli flora fauna neh..
    sip..sip, tinggal promosinya aja yg gencar mas..
    btw, mo pasang iklan di blog saya?😀

    • malu kalau dibilang ahli fauna … saya cuma bisa copy+paste aja loh …

      yang penting cinta hutan, flora & fauna Indonesia yang utama …

      saya tak tau cara pasang iklannya, apalagi kalau bayar2 … tapi kalau mau ikut bangun hutan wisata tsb via iklan gratis, bagaimana, nanti boleh main gratis di hutan wisatanya😆

  14. Wah saya salut loh pak…
    bapak mau mengkoleksi informasi mengenai flora & fauna diindonesia

    membantu sekali untuk orang yang awam seperti saya

    • saya bisanya cuma copy & paste dari WIKIPIDEA kok dan berusaha sharing ke rekan2 sambil saya sendiri masih belajar😆

  15. Situs yang keren. Salut.

    Salam kenal.

    • terima kasih sudah mampir.

      inginnya flora2 & fauna2 tsb sebanyak mungkin bisa bersatu di hutan wisata …🙂

  16. duh niat yang luhur sobat…. biar generasi muda sekarang tak lupa akan kekayaan alam indonesia.. agar tambah cinta terhadap alam dan lingkungannya.. siip lah.. n salam kenal.. ohya.. makasih atas kunjungannya ya… sering2 lah mampir di Saung Web

  17. iquna Sekeluarga Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri
    ‘Mohon Maaf Lahir dan Batin’

  18. maaf lhir batin pak….
    dari arexkediri, silahkan berkunjung ke blog saya kalau berkenan, terimakasih.

    http://arexkediri.wordpress.com/2009/09/18/kartu-ucapan-selamat-hari-raya-idul-fitri/

  19. rumah mbah saya di dekat kuburan kediri, kuburan yg dekat jembatan ….

    langsung ke TKP …🙂

  20. Ass WW, … mas mohon ijin blognya sy link sebagai bahan pembelajaran siswa sehingga mudah mencarinya. Trims

  21. Salut pada mas Didik, data dicantumkan rinci banget…

  22. Informatif dan bermanfaat. Suwun, mas. Slm… (Yusuf)

  23. pertama kali liat blog ini, mata jadi adem.
    mungkin krn bnyk tulisan tntang alam😀

    terimakasih ats kunjungannya.
    salam,

    xahara.wordpress.com

  24. Bales kunjungan nih..😄
    Isi blognya bagus loo, tapi sayang terlalu sederhana ^^ Tapi udah oke koq😀

    Semoga terus di-update dan dikembangkan ya~

    Coba kunjungin 2 situs saya ini ya ^^
    Jurnal saya
    Learn english by reading many interesting article here!!

    • terima kasih masukannya.
      sampai saat ini lebih menekankan banyaknya posting yg bisa dibuat sebanyak 670 dalam kapasitas yg terbatas.

      apalagi tampilannya nggak serem2 seperti blog lainnya krn nggak ngerti cara buatnya di wordpress ….

  25. Ass.wr.wb.mas didik,bgmana kbrnya?aduh…bagus bgt pemandangan hutannya….aku minta ijin mau download gambar2 hutannya ya.msh inget aku ga?lupa ya?sy skrg jd ibu guru b jepang d sma 1 cirebon.jagoanku juga udah 2, 6 thn dan 4 thn.udah dulu ya…

    • Waalaikum Salam wr.wb.

      silahkan, apalagi buat Dian😆

      pasti masih inget kok. syukurlah bisa memajukan SMA kita dulu.

      nanti disambung lagi …. salam kangen

  26. Iya,makasih.nanti sy suruh murid2ku liat blognya m didik,Kbetulan sma 1 jg punya misi yg sama save our planet.wah sma 1 sdh beda mas,bangunannya dan statusnya berubah., skrg jd sekolah RSBI( rintisan sekolah berstandar international).salam dr c tati,c tati udah punya 3,laki2 2 perempuan 1…iya ya mas udah 15 thn ga ktmu.tp ko m didik ga berubah ya?tetap ganteng ky dulu..hi..hi

  27. Sy nih bingung…kalo ga salah mas didik ini dulunya d elektro,skrg ko k hutan dan gunung.memangnya skrg mas dik bekerja dmana?suamiku jg dulu pernah menjalin kerjasm dgn world bank sbg peneliti…ya kerjanya k hutan2 dan daerah terpencil.wah..msh manja dong mas apalg sm my husband,maunya d peluk terus hi..hi.tp klo sdh jd ibu anak2 dan murid2ku ya disiplin dong mas…tp tetep hrs penuh ksh sayang.ya krn sy jd goverment worker alias pns ya hrs d buang manjanya sedikit demi sedikit,disiplin dan penuh tanggung jawab.mas bs mampir k facebookku ko klo mau.Kmarin jg reunian ang 84 d auditoriumnya sma 1,heboh bgt…..ya mampirlah kpn2 k sma 1…oh ya salam u istrinya yg cantik dan anak2 m dik yg lucu2.

    • justru karena sampai sekarang masih kerja di bidang elektro maka perlu mengenal bidang lain yg manfaat seperti hutan dan laut, untuk melestarikan agar generasi penerus tidak hanya bisa membaca dari catatan sejarah tentang kehebatan alam Indonesia😆

  28. mas dik,gambar kepitingnya ganti dong….bunga melati aja (my favourit flower) kesannya klo kepiting maunya gigit teruuus…aku ga berani gigit mas dik….takut berabe deh….

  29. tolong kami, tour keluarga besar ke tempat anda –> lokasi dan berapa biayanya

    • maaf sekali bapak/ibu …
      trima kasih atas minatnya …. namun saat ini yg saya tulis adalah contoh dari konsep gunung konservasi dambaan saya
      gunung tsb belum ada karena belum adanya dana pribadi maupun investor/sponsor ….

      sekali lagi maaf telah mengecewakan …

  30. pak, minta alamat dan nomer telponnya dong. trims

  31. Boleh tanya alamat dan tlp. Thanks.

  32. Luar biasa ! blog ini sangat kaya akan ilmu dan informasi tentang flora, faunda dan konservasi.
    semoga kita bisa bisa bertukar informasi lebih banyak tentang nusantara ini.

    salam dari ronanusantara
    maju terus budaya nusantara!

  33. Ikut menyimak Cak…….
    Ndherek “Luru Ilmu”
    Ngudi kaweruh

  34. silahkan kunjungi lagi http://sbjp.wordpress.com

  35. Wah, tulisan -tulisan Anda sangat penting bagi pengetahuan generasi sekarang, terutama mengenai flora dan fauna Indonesia yang sudah tidak bisa dilihat lagi karena punah. Kalo bisa Anda terbitkan menjadi buku, saya pasti akan beli. Salut untuk Anda…

  36. blognya bagusss bangetttt

  37. Terimakasih atas info-infonya sangat bermanfaat sekali, kebetulan saya sangat menyukai lingkunga, flora n fauna yang ada di negri tercinta ini… sekarang saya lagi nyari2 referensi buat penelitian say tentang ekosistem pesisir khususnya ekosistem mangrove, mohon infonya yak buku yang berkaitan tentang ekosistem mangrove. terimakasih

  38. ass.mas dik bgmn kbrnya? semoga sehat ya…anak-anaknya mas dik skrg kls berapa? wah pasti pinter ya ky bapaknya…he..he

  39. Assalaamu ‘alaikum, blog Sampean bagus, banyak manfaat. Saya jadi penasaran, background Sampean apa ya? Konservasi hutan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: