Rosaceae

Suku mawar-mawaran (Rosaceae)
Bunga Rosa arvensis

Bunga Rosa arvensis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Eurosids I
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Juss.
Persebaran Rosaceae di dunia

Persebaran Rosaceae di dunia
Genera
lihat teks

Suku mawar-mawaran atau Rosaceae adalah sebuah keluarga tumbuhan yang besar, terdiri dari 3.000—4.000 spesies di dalam 100—120 marga. Mawar termasuk di dalam suku ini, demikian pula apel, pir, arbei, prem, persik, ceri, lokat, dan sebagainya. Daun pada suku ini selalu tersusun bersilangan dan biasanya disetai daun penumpu, semacam kuncup pada pangkal daun. Bunganya selalu berkelamin ganda, dan berisi banyak benang sari serta putik. Sangat sedikit anggota suku ini yang beracun. Akan tetapi semak mawar yang berbunga bisa berbahaya, karena pada batangnya terdapat duri-duri tajam yang merupakan pelindung dirinya.

Marga/genera

Suku besar ini dapat dibagi menjadi empat anaksuku, dua tribus, dan sekelompok marga yang tidak dapat dimasukkan ke kelompok-kelompok sebelumnya:

  • Anaksuku Rosoideae: Biasanya berbuah kecil dan seringkali bagian yang berdaging adalah hypantium (tangkai pendukung daun buah). Lima sampai enam tribus dan 20-an genera. Contoh: stroberi, mawar, blackberry.
  • Anaksuku Spiraeoideae: Biasanya berbuah tak berdaging dengan lima kapsula. Contoh: Spiraea, Sorbaria dan kerabatnya.
  • Anaksuku Maloideae (atau Pomoideae): Mencakup kelompok dengan buah tipe apel (pomus), dengan lima kapsula terbungkus endokarpium. Contoh: apel, pir, quince, dan lokuat.
  • Anaksuku Amygdaloideae (atau Prunoideae): Biasanya berbuah drupa. Terdiri dari empat genera: Maddenia, Oemleria, Prinsepia and Prunus. Contoh: prem, persik, amandel, ceri, dan aprikot.
  • Tribus Dryadeae: Buah kotak (achenium) dengan putik berambut. Beranggotakan lima genera: Dryas, Cercocarpus, Chamaebatia, Cowania, dan Purshia. Banyak jenisnya yang bersimbiosis dengan bakteri bintil akar pengikat nitrogen Frankia.
  • Tribus Neillieae: Neillia (termasuk Stephanandra) dan Physocarpus.

Beberapa genera, seperti Kerria, tidak dapat dimasukkan ke dalam salah satu kelompok di atas.

Manfaat

Beberapa jenis suku mawar-mawaran yang terkenal antara lain Sarfajal Jepang (Chaenomeles japonica) yang disukai para pekebun karena bunganya yang merah dan indah. Arbei India (Duschenia indica) memiliki bunga berwarna kuning dan buah yang tidak berasa. Lokat (Eriobotrya japonica) adalah perdu hijau abadi kecil daerah subtropis. Bunganya berwarna kuning-putih dan mekar pada musim dingin. Pada musim semi buahnya sudah masak, kuning dan dapat dimakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: