Wanagama

Prof. Oemi_Hani’in_Suseno pendiri Wanagama

Wanagama

(wana = hutan, gama = gadjah mada), Berarti Hutan Gadjah Mada

Wanagama I Jogja

Merupakan kawasan hutan seluas 600 Hektar yang terletak di Banaran, Gading, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sekitar 36 km ke arah selatan dari Yogyakarta.

Fungsi dan Tujuan

Didirikan untuk mencari model cara menanggulangi kekritisan tanah di Gunung Kidul dan difungsikan sebagai hutan pendidikan dan penelitian lapangan bagi mahasiswa UGM.

Sejarah

Merupakan lahan kritis di pinggiran sungai Oya. Pada tahun 1964 dihutankan kembali oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Oleh Oemi Hani’in Suseno dan Tri Setyo dibantu Wagiran, seorang warga setempat. Kemudian pada tahun 1966 memiliki luas 10 Hektar.

Pohon murbai (Morus Alba) merupakan jenis pohon yang pertama kali ditanam. Daunnya bisa dimanfaatkan untuk makanan ulat sutra dan tidak mudah rontok. Pihak pengelola membudidayakan ulat sutera sebagai dana pengembangan kawasan ini.

Fasilitas yang ada adalah 5 buah ruang kelas, auditorium berkapasitas 1000 orang, ruang rapat, ruang sidang, kios telepon , asrama berkapasitas 250 mahasiswa, perpustakaan, persemaian, rumah kaca, plot penelitian untuk Silvikultur, Agroforestry maupun Pemuliaan Pohon, dll.

Di hutan yang memiliki lebih dari 65 jenis kayu dan ratusan jenis herba ini, Pangeran Charles dan Pangeran Bernhard meninggalkan kenangan berupa pohon jati (Tectona Grandis).

Wanagama II Jambi

Merupakan kawasan hutan seluas 28.000 hektar yang terletak di Provinsi Jambi. Tepatnya sekitar 25 km dari Muara tebo di tepi jalan raya Jambi – Muara Bungo.

Dapat dicapai dengan jalan darat langsung atau menggunakan kapal feri penyeberangan sungai dari Kecamatan Muara Tebo, Kabupaten Bungo Tebo.

Fasilitas yang ada adalah asrama berkapasiatas 100 mahasiswa, rumah kaca, persemaiaan jenis-jenis pohon hutan hujan tropika, pengamat curah hujan/iklim, arboretum, dll.

Kampus ini juga digunakan sebagai “base-camp” peneliti-peneliti kerjasama UGM-KEEC Jepang, ICRAF, CIFOR, dll.

Wanagama III Ngawi

Terletak sekitar 12 km dari Banjarharjo di tepi jalan Solo-Madiun-Surabaya.

Fasilitas yang ada adalah auditorium, kamar dan ruang belajar untuk 70 orang mahasiswa. Kampus lapangan berada di tengah kawasan hutan jati dan digunakan sebagai wahana praktek umum mahasiswa bidang menejemen hutan jati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: