Podocarpaceae

Daun dan runjung biji tua Podocarpus macrophyllus

Podocarpaceae adalah satu famili besar dari konifer yang hidup di belahan Bumi selatan, dengan 18-19 genus dan sekitar 170-200 spesies pohon dan semak yang selalu berdaun sepanjang tahun. Famili ini adalah anggota klasik dari flora Antarktika, yang pusat keanekaragamannya berada di wilayah Australasia, terutama New Caledonia, Tasmania, Selandia Baru, dan agak sedikit meluas ke Malesia dan Amerika Selatan (terutama di pegunungan Andes). beberapa genus sebarannya meluas ke utara khatulistiwa ke Indocina dan Filipina. Genus Podocarpus menyebar di utara sejauh selatan Jepang dan selatan Cina di Asia serta Mexico di Amerika, dan genus Nageia hingga selatan Cina dan selatan India. Dua genus juga terdapat di Afrika sub-Sahara, yaitu Podocarpus yang penyebarannya luas dan Afrocarpus yang endemik.

Parasitaxus usta merupakan konifer unik karena ia adalah satu-satunya konifer parasit. Ia ada di New Caledonia, di situ ia merupakan parasit anggota Podocarpaceae lain, Falcatifolium taxoides.

Genus Phyllocladus, yang disini dimasukkan sebagai Podocarpaceae berdasarkan bukti genetis, oleh beberapa botanis ditempatkan pada familinya sendiri Phyllocladaceae. BACA RINCI & LIHAT FOTO🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: