Burung Bayan Sejati

Makaw kuning biru

Bayan sejati terdiri dari sekitar 330 spesies burung dari famili Psittacidae, salah satu dari dua familia “tradisional” dalam ordo biologi Psittaciformes (bayan). Famili lainnya adalah Cacatuidae (kakatua) yang juga merupakan bayan, namun tidak diklasifikasikan sebagai bayan sejati. Bayan sejati lebih tersebar luas daripada kakatua, dengan spsies yang terdapat diAmerika, Afrika, Asia, Australia dan belahan bumi bagian timur hingga kepulauan di Samudra Pasifik seperti Polinesia.

Famili bayan sejati sering dianggap terdiri dari dua subfamili, Psittacinae (bayan biasa dan sejenisnya) dan Loriinae (Nuri). Namun, tidak ada sistem klasifikasi lain dan kedua kelompok itu kadang dinyatakan sebagai status famili penuh, sehingga disebut sebagai Psittacidae dan Loriidae. Hal ini tidak menjamin bagaimanapun, meskipun perilaku kakatua dan garis keturunan tertentu betet sejati pada peringkat taksonomi yang sama (namun tidak seperti famili) dapat terjadi; lihatdi bawah.

Seperti kebanyakan bayan, Psittacidae secara khusus adalah pemakan biji. Terdapat beberapa variasi dalam pola makan spesies individu, dengan buah, kacang, dedaunan dan setiap serangga dan binatang lain yang dimangsa juga merupakan makanan spesies lain. Nuri adalah pemakannektar dominan; dan banyak betet lain yang minum nektar juga. Psittacidae pada umumnya adalah burung yang bersarang rongga yang terdiri dari sepasang monogami. BACA RINCI & FOTO 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: