Aligator/Alligator

Alligator adalah hewan yang masih berkerabat dekat dengan buaya (famili Crocodilian). Nama alligator diambil dari bahasa Spanyol el laganto (sang kadal) yang diingriskan.

Perbedaan alligator dengan buaya (crocodile) terlihat jelas dari bagian mulut dan gigi, mulut alligator terlihat lebih lebar dan bibir tampak rapi menutupi gigi. Sedangkan buaya mempunyai mulut agak memanjang dan membentuk huruf V, dan banyak terlihat gigi yang keluar dari bibir, walaupun dalam keadaan mulut tertutup. Khususnya gigi keempat bagian bawah.

Ada dua negara di dunia yang memiliki alligator: Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina. Alligator China terancam punah dan tinggal hanya di lembah Sungai Yangtze. Alligator Amerika ditemukan di Amerika Serikat dari Carolina sampai Florida dan sepanjang Gulf Coast. Mayoritas Alligator Amerika tinggal di Florida dan Louisiana. Di Florida sendiri, terdapat lebih dari 1 juta alligator. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang memiliki keduanya, alligator dan buaya. Alligator Amerika tinggal di lingkungan air tawar, seperti kolam, rawa-rawa, daratan basah (wetland), dan sungai. Di Tiongkok, mereka hanya tinggal di sepanjang Sungai Yangtze. BACA RINCI & FOTO 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: