Marmot

Marmot adalah sejenis hewan pengerat dari famili Sciuridae (bajing) dengan genus Marmota.

Marmot umumnya hidup di daerah pegunungan, seperti Alpen atau Pirenia di Eropa, Pegunungan Rocky atau Sierra Nevada di Amerika Serikat, dan Kanada bagian utara. Marmot umumnya membuat sarang di dalam tanah dan melakukan hibernasi selama musim dingin. Kebanyakan marmot tergolong hewan sosial; marmot berkomunikasi satu sama lain dengan siulan nyaring, terutama jika merasa ada bahaya.

Nama marmot berasal dari bahasa Latin mures monti (“tikus gunung”), dari bahasa Latin Klasik mures alpini (“tikus Alpen”).

Hewan lain yang berukuran serupa tetapi lebih bersifat sosial, anjing prairi, tidak digolongkan dalam genus Marmota, tetapi dalam genus Cynomys. Sementara itu, dalam bahasa Indonesia, tikus belanda (guinea pig) sering disebut juga sebagai marmot, walaupun sebenarnya hewan pengerat tersebut berasal dari famili yang berbeda.

Makanan utama marmot ialah tumbuh-tumbuhan, misalnya rumput-rumputan, buah beri, lumut kerak, lumut daun, akar-akaran, dan bunga

Marmot tanah (Marmota monax) ialah sejenis marmot yang banyak ditemukan di Amerika Utara. Dalam bahasa Inggris hewan ini disebut sebagai groundhog (harfiah, babi tanah). Istilah lain dalam bahasa Inggris adalah Woodchuck. Hewan ini hidup di dataran rendah.

Hewan ini tersebar di Amerika Serikat, terutama di Maine, Wisconsin, dan di Mississippi hingga Alabama di selatan. Hewan ini juga ada di Kanada, terutama di Nova Scotia di pesisir Samudera Atlantik, hingga ke Alaska.

BACA RINCI & FOTO 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: