Daftar Ras Anjing

Ras anjing (dog breed) adalah kelompok-kelompok anjing peliharaan yang berkerabat dekat dan memiliki penampilan yang sama. Semuanya berasal dari satu spesies, yakni Canis lupus familiaris. Ciri-ciri setiap ras dipilih dan dijaga oleh manusia, serta dibiakkan dari bibit dasar yang diketahui. Anjing disebut anjing trah bila kedua induknya anjing trah dan memenuhi standar suatu ras anjing.

Istilah ras anjing juga dipakai untuk ras alami atau ras lokal yang muncul secara bertahap sebagai reaksi atas lingkungan tertentu yang melibatkan manusia, dengan sedikit atau tanpa pembiakan selektif yang melibatkan manusia. Ras-ras lokal tersebut tidak didokumentasikan, dan dikenali berdasarkan penampilan dan sering dari cara adaptasi dengan lingkungan.Anjing ras kuno adalah sebagian dari ras alami yang berlanjut hingga keturunan di zaman modern (dan terdokumentasikan).

Anjing telah dibiakkan secara selektif selama ribuan tahun, kadang-kadang melalui perkawinan sekerabat dari garis keturunan yang sama, atau kadang-kadang dengan anjing dari garis keturunan yang sama sekali berbeda. Pembiakan anjing terus dilakukan hingga sekarang, dan telah menghasilkan berbagaijenis dan ras anjing . Anjing adalah satu-satunya hewan yang memiliki penampilan yang sangat berbeda (walaupun masih sama-sama satu spesies), dari Chihuahua hingga Great Dane.

Daftar ini disusun berdasarkan interpretasi yang luas untuk istilah ras (biakan). Selain memuat ras-ras anjing yang secara tradisional memiliki sejarah yang panjang, daftar ini juga memuat ras-ras langka, dan ras-ras baru yang masih dalam pengembangan.

Anjing trah (bahasa Inggris: purebred dog) mengacu kepada anjing dari ras anjing modern yang karakteristiknya sangat mirip dengan anjing-anjing lain dalam ras yang sama, dan memiliki garis keturunan yang dicatat dalambuku silsilah , serta didaftarkan ke salah satu induk organisasi anjing. Dokumen tertulis (sehingga anjing diketahui berasal dari keturunan moyang yang spesifik) dan pendaftaran anjing membedakan anjing trah dariberbagai ras anjing atau varian lokal yang terbentuk akibat campur tangan manusia dalam waktu yang lama untuk melakukan jenis pekerjaan tertentu.

Di Indonesia, anjing trah adalah jenis anjing yang diakui oleh Federasi Kinologi Internasional (FCI) dan Perkumpulan Kinologi Indonesia sebagai induk organisasi anjing di Indonesia. Seperti halnya akta kelahiran pada manusia, surat silsilah (populer dengan sebutan stambom atau pedigree) adalah bukti asal usul dan garis keturunan seekor anjing. Surat silsilah dikeluarkan oleh induk organisasi anjing trah tingkat nasional dan diakui secara internasional. Di dalamnya ditulis tanggal lahir, nama pemilik, nama pembiak, dan garis keturunan kedua orang tua hingga ke moyang pihak jantan (sire) dan pihak betina (dam).

Dalam artikel berjudul “Genetic Structure of the Purebred Domestic Dog” di jurnal Science edisi 304 (31 Mei 2004) dikemukakan 14 anjing ras termurni di dunia. Yang dimaksud termurni di sini, memiliki perbedaan genetik paling sedikit dibanding dengan serigala. Anjing-anjing ini tersebar di Siberia, Alaska, Jepang, Cina, Tibet dan Afrika.

American Pit Bull Terrier (APBT) merupakan salah satu ras yang tertua yang merupakan ras anjing yang asli (original dog), ras anjing ini memiliki suatu kelebihan dibandingkan dengan ras jenis lain, adapun kelebihan yang dimiliki berupa tenaga yang paling besar dibandingkan dengan ras lain, tahan terhadap rasa sakit, sifat pantang menyerah, tempramen stabil. Kelebihan tersebut didapatkan dari leluhur APBT yang dahulunya digunakan sebagai anjing petarung. Leluhur APBT yang diadu dengan sesama anjing ataupun denganbanteng (bull baiting) dan beruang (bear baiting) mau tidak mau mengharuskan leluhur APBT beradaptasi dengan keadaan tersebut. adaptasi yang dilakukan oleh leluhurnya tersebut membuat keturunan APBT memiliki sifat-sifat yang hampir menyerupai leluhurnya. Karena pada zaman sekarang Adu anjing dilarang maka untuk mengetahui sifat-sifat dasar APBT digunakan berbagai cara dengan mengadakan adu tarik tali, adu tarik beban dll.

BACA RINCI 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: