Ular Rumah

Ular rumah (Lycodon aulicus) adalah sejenis ular yang ramping anggota suku Colubridae. Ia dinamai demikian karena seringkali didapati di dalam rumah, memburu cecak dan sebangsanya. Dalam bahasa Inggris ular ini dikenal sebagai common wolf-snake, Indian wolf-snake atau house snake. Disebut wolf-snake karena ular yang tak berbisa ini memiliki sepasang gigi besar di muka rahang atas seperti taring serigala (Lycodon, Gr.: lycos, serigala; don, gigi).

Ular yang berukuran sedang, panjang total hingga 765 mm meski jarang yang melebihi 61 cm. Ular betina lebih panjang daripada yang jantan. Warnanya sangat bervariasi; umumnya dengan warna dasar coklat atau coklat keabu-abuan, gelap atau pun terang. Warna-warna tadi polos merata di seluruh tubuh, atau divariasikan dengan pola belang-belang atau pola serupa jala tebal, kuning atau putih atau keputihan di tengah badan, dengan atau tanpa ‘kerah’ kuning atau keputihan di atas tengkuk. Varian dengan warna dasar gelap dan belang-belang kuning atau keputihan kerap disangka sebagai jenis ularwelang atau welang India yang berbahaya.

Ular rumah aktif di waktu malam (nokturnal) dan lembam di siang hari. Ular ini memangsa aneka jenis kadal, cecak dan katak. Taringnya yang besar di bagian depan rahangnya sangat berguna untuk memegang mangsanya. Taring ini dengan mudah menembusi sisik-sisik kadal yang keras dan rapat. Bertelur antara 4–11 butir, dengan kecenderungan ular yang lebih besar menghasilkan lebih banyak telur. BACA RINCI 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: