Amaryllidaceae, Crinum, Hymneocallis, Lycoris, Pancratium, Zephyranthes

Lycoris adalah genus dari tanaman berbunga dari suku Amaryllidaceae. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia timur.

Hymenocallis adalah genus dari tanaman berbunga dari suku Amaryllidaceae. Ada sekitar 50 spesies dari genus ini yang berasal dari bagian tropis dan subtropis Amerika. Hymenocallis memiliki umbi dan dapat hidup sepanjang tahun. Bunganya berbentuk unik.

Hymenocallis berarti juga “membran yang indah” dalam bahasa Yunani, yang merujuk kepada bentuk bunganya.

Hymenocallis liriosme (Shinners Spring Spiderlily atau Texan Spider Lily) memiliki bagian tengah bunga yang berwarna kuning. Hymenocallis palmeri (Bunga lili aligator) dari bagian selatan Florida juga memiliki bagian tengah yang berwarna kuning.

Pancratium adalah genus dari sekitar 18 spesies tanaman berbunga dari suku Amaryllidaceae. Genus ini sering ditemukan di sepanjang tepi pantai Laut tengah hingga pulau Kenari, bagian tropis Afrika dan bagian tropis Asia. Tumbuhan ini dapat hidup sepanjang tahun dan memiliki umbi. Bunga tanaman ini besar, berwarna putih dan berbau harum. Tumbuhan ini berbeda dengan Hymenocallis karena bijinya yang banyak dengan kulit yang tipis dan berwarna hitam.

Tanaman dengan genus Pancratium juga dapat ditemukan di lukisan fresko prasejarah di pulau Kreta.

“Pancratium” berasal dari bahasa Yunani dan berarti kekuatan, mungkin diartikan dari kekuatan tanaman ini di klima yang ekstrem. Spesies Pancratium sering ditemukan di daerah yang kering dan berpasir.

Suku bakung-bakungan atau Amaryllidaceae adalah nama botani suatu suku tumbuhan berbunga. Tumbuhan ini dapat hidup sepanjang tahun dan memiliki umbi serta biasanya bunga yang bentuknya khas. Suku ini memiliki sekitar 60 genus, dengan sekitar 800 spesies.

Amaryllidaceae telah dikenal melalui beberapa sistem klasifikasi sejak abad ke-20. Walaupun sistem Cronquist meliputkannya dalam suku bawang-bawangan yang sangat luas. Sistem APG II pada tahun 2003 memasukkan Amaryllidaceae dalam Alliaceae, bangsa Asparagales yang merupakan tumbuhan berkeping biji tunggal.

Crinum adalah genus dari sekitar 180 spesies tanaman berbunga dari suku Amaryllidaceae. Tanaman ini memiliki bunga yang besar dan menarik di atas batang tidak berdaun yang tumbuh dari umbi. Tanaman ini banyak ditemukan di tepi sungai dan danau di daerah-daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk Afrika Selatan. Disebut juga bunga lili rawa, tumbuhan ini dikembangbiakkan sebagai tanaman hias.

Daun tumbuhan ini tumbuh dari bagian bawah dan berwarna hijau muda hingga hijau. Warna bunga yang paling sering ditemukan adalah putih dan merah jambu. Crinum flaccidum juga memiliki bunga yang berwarna kuning. Saat ini dengan hibridisasi, banyak dihasilkan hibrida Crinum yang memiliki bunga dengan warna dan corak yang bervariasi.

Zephyranthes adalah genus dari sekitar 70 spesies tumbuhan bawang-bawangan. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai bunga lili peri, bunga hujan, bunga zephyr atau lili hujan. Tanaman ini berasal dari bagian tropis Amerika selatan dan Amerika utara. Bunganya berbentuk terompet, mempunyai biasanya enam lembar daun bunga dan menyerupai bunga krokus. Bunganya muncul biasanya setelah musim hujan datang atau hujan deras, ini sebabnya bunga ini mendapat julukan lili hujan. Warna bunga yang sering ditemukan adalah merah jambu, kuning dan putih. Walau dengan adanyahibridisasi bisa ditemukan warna-warna dan corak yang baru. Beberapa jenis juga memiliki bau harum yang manis dan lembut. Bunga tanaman ini biasanya hanya bertahan sehari sebelum digantikan bunga yang lain. Daun tanaman ini bentuknya panjang seperti pita, berwarna hijau tua dan mengkilap.

MORE 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: