Canarium

Canarium adalah genus dari sekitar 75 spesies pohon tropis dari keluarga Burseraceae. Asal tanaman ini adalah Afrika tropis, Asia selatan, Nigeria selatan, Madagaskar, Mauritius, India, Tiongkok selatan, Indonesia, dan Filipina. Tinggi tanaman selalu hijau ini dapat mencapai 40-50 m. Menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) spesies Canarium kipella yang endemis di Indonesia terancam punah.

Beberapa spesies mempunyai biji yang dapat dimakan, juga dikenal sebagai kacang kenari, kacang pili, atau kacang galip. Canarium indicum dan Canarium ovatum adalah jenis-jenis yang terkenal akan bijinya di Indonesia dan Filipina. Spesies Canarium luzonicum terkenal karena menghasilkan resin elemi.

Canarium odontophyllum (disebut juga dabai) terkenal akan buahnya yang rasanya mirip buah alpokat. Buahnya bisa dimakan setelah direndam di air hangat. Buah spesies ini mengandung protein, karbohidrat, dan lemak sehingga cocok sebagai bahan pangan. Jenis ini diperkenalkan dari Kalimantan hingga Australia. Buah tanaman ini juga sering menjadi bahan makanan lemur di Madagaskar. MORE 🙂

Iklan
« »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: