Burung Bangau

Bangau adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Badan berukuran besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung Kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal.

Bangau bisa dijumpai di daerah beriklim hangat. Habitat di daerah yang lebih kering dibandingkan burung Kuntul dan Ibis. Makanan berupa Katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari lahan basah dan pantai.

Bangau Tongtong, Leptoptilos javanicus, adalah spesies burung dari familia bangau atau Ciconiidae. Tersebar di selatan Asia mulai dari India timur sampai pulau Jawa.

Tingginya sekitar 110-120 cm, berat 5 kg dan rentang sayap 210 cm. Spesies ini adalah yang terkecil dalam genus Leptoptilos. Bagian atas tubuhnya dan sayapnya berwarna hitam, namun perut dan bagian bawah ekor berwarna putih. Kepala dan lehernya botak. Paruhnya berwarna pucat, pancang dan tebal. Burung muda warnanya lebih kusam daripada burung dewasa.

Jabiru adalah jenis bangau yang berhabitat asli di hutan hujan Amerika Selatan. Jabiru dapat tumbuh sampai 1,5 meter dengan lebar rentang sayap sampai 2,1 meter. Paruhnya berwarna hitam dapat mencapai panjang 30 cm. tubuhnya memiliki bulu yang berwarna putih bersih. Jabiru berhabitat di tempat yang basah (dekat sungai) dan memangsa hewan-hewan kecil. Jabiru dewasa memiliki ciri khas leher yang menggelembung berwarna hitam dan sedikit merah pada bagian bawahnya.

Burung Jenjang adalah nama untuk burung besar berparuh, berkaki dan berleher panjang dari familia Gruidae,ordo Gruiformes. Berbeda dengan burung Kuntul, burung Jenjang terbang dengan leher yang diluruskan.

Burung Jenjang merupakan burung yang setia seumur hidup terhadap pasangannya. Burung Jenjang berkencan dengan pasangannya dengan mengeluarkan suara yang ribut sambil diiringi gerakan-gerakan seperti menari sehingga terkenal sebagai “dansa” burung Jenjang.

Kuntul adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ardeidae. Burung ini berkaki panjang, berleher panjang dan tersebar di seluruh dunia.

Burung kuntul sewaktu terbang lehernya membentuk seperti huruf “s” dan tidak diluruskan, berbeda dengan burung dari keluarga Bangau (Ciconiidae) dan Ibis (Threskiornithidae) yang meluruskan leher dan merentangkan kaki-kakinya sewaktu terbang.

Ibis (cara mengucapkan “ibis”) adalah grup burung yang masuk kedalam famili Threskiornithidae. Ibis mempunyai paruh panjang bengkok dan biasanya mencari makan dalam grup, memeriksa lumpur untuk makanan, terutama crustacea. Kebanyakan spesies ibis bersarang di pohon. Kata ibis berasal dari bahasa Yunani yang dipinjam dari Mesir Kuno, hîb.

MORE 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: