Talas

Talas atau talas bogor (Colocasia giganteum Hook., suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi, populer ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Talas mirip dengan taro namun menghasilkan umbi yang lebih besar.

Daun talas berbentuk perisai yang besar. Daun ini dapat digunakan sebagai pelindung kepala bila hujan. Permukaan daunnya ditumbuhi rambut-rambut halus yang menjadikannya kedap air karena air akan mengalir langsung meninggalkan permukaan daun. Daunnya juga sebagai pakan ikan gurame.

Umbi talas dapat diolah dengan dikukus, direbus atau digoreng setelah dipotong-potong kecil. Daun talas dapat dipakai sebagai pembungkus. Daun talas juga dapat dimakan dan dijadikan pembungkus makanan yang dikenal sebagai buntil.

Taro atau disebut juga talas loma (Colocasia esculenta, suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi yang dibudidayakan secara luas di daerah tropika. Taro menjadi makanan pokok, selain sukun, di beberapa kepulauan di Oceania. Umbi taro kecil, seukuran kepalan tangan. Penggunaannya biasanya direbus.

Ada juga orang yang beranggapan bahwa Taro sebenarnya adalah Bentul, sejenis talas yang umbinya berwarna putih dengan serat-serat keunguan.

MORE 🙂

Iklan
« »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: