Burung Penghisap Madu

Burung penghisap madu
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Familia: Meliphagidae

Burung penghisap madu adalah sebuah familia burung yang hidup di kawasan Oseania, yakni Australia, Nugini, Selandia Baru dan Hawaii. Di Bali, familia ini memiliki satu spesies. Familia ini terdiri dari 182 spesies dalam 42 genus.

Sebuah spesies baru burung penghisap madu ditemukan di Pegunungan Foja, Papua pada Desember 2005. Spesies ini kini masih dalam penelitian dan belum diberi nama ilmiah.

Penghisap-madu Elok
Status konservasi

Rentan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Meliphagidae
Genus: Macgregoria
Spesies: M. pulchra
Nama binomial
Macgregoria pulchra
De Vis, 1897

Penghisap-madu Elok adalah sejenis burung penghisap madu khas daerah Papua, Indonesia. Spesies ini ditemukan di daerah ketinggian pegunungan Jayawijaya pada ketinggian 2.700 sampai 4.000 meter. Spesies ini mirip gagak dengan gelambir mata kuning mencolok dan bercak oker terang di sayap yang mencolok ketika terbang serta bersuara terus-menerus (deskripsi suara: dua nada penghubung jeet jeet diulang cepat; juga peer diulang).

Spesies ini biasanya berpasangan, mudah ditemukan berdasarkan suaranya yang terus-menerus, bertengger di belukan pepohonan di tepi hutan, makan buah, monogami. Sebelumnya burung yang penuh teka-teki dan kurang dikenal ini dianggap termasuk jenis burung Cenderawasih, namun sebenarnya ia termasuk jenis burung pemakan-madu. Bukti genetik baru-baru ini menegaskan bahwa burung ini termasuk keluarga Meliphagidae. Burung ini mirip dan berkerabat dengan burung Pemakan-Madu Asap.

Nama burung ini diambil dari nama administrator bekas koloni, New Guinea Inggris, bapak William MacGregor.

Karena populasinya yang kecil dan menyusut, burung ini dinilai Rentan dalam IUCN Red List. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix II.

4 Tanggapan

  1. gak jelas…

  2. Om,aq jg punya ,warna tubuh atas trmasuk sayap dominan hijau,warna kpala hitam,ada warna mahkotax hijau metalic,lehr bawah merah ada strip menyerupai kalung dngn warna biru metalic,tu trmasuk jenis yg apa om?

  3. SIPPPPPP…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: