Burung Gelatik Jawa

Gelatik Jawa
Status konservasi

Rentan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Estrildidae
Genus: Padda
Spesies: P. oryzivora
Nama binomial
Padda oryzivora
Linnaeus, 1758

Gelatik Jawa atau Padda oryzivora adalah sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang lebih kurang 15cm, dari suku Estrildidae. Burung gelatik Jawa memiliki kepala hitam, pipi putih dan paruh merah yang berukuran besar. Burung dewasa mempunyai bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki merah muda dan lingkaran merah di sekitar matanya. Burung jantan dan betina serupa. Burung muda berwarna coklat.

Burung ini endemik dari Indonesia dan di alam ditemukan di hutan padang rumput, sawah dan lahan budidaya di Pulau Jawa dan Bali. Sekarang, spesies ini dikenali di banyak negara di seluruh dunia sebagai burung hias.

Perilakunya senang berkelompok dan cepat berpindah-pindah. Pakan utama burung ini adalah bulir padi atau beras, juga biji-bijian lain, buah, dan serangga. Burung betina menetaskan antara empat sampai enam telur berwarna putih, yang dierami oleh kedua tetuanya.

Spesies ini merupakan salah satu burung yang paling diminati oleh para pemelihara burung. Penangkapan liar, hilangnya habitat hutan, serta terbatasnya ruang hidup burung ini menyebabkan populasi gelatik Jawa menyusut pesat dan terancam punah di habitat aslinya dalam waktu singkat. Sekarang telah sulit untuk menemukan gelatik di persawahan atau ladang.

Gelatik Jawa dievaluasi Rentan di dalam IUCN Red List serta didaftarkan dalam CITES Appendix II.

19 Tanggapan

  1. m2f mau nanya untuk bedain geltik betina dan jantan bagaimana?mohon balasannya

    • gampang..!!,liat aja paruhnya jantan lebih besar,merah,dan mata galak,betina,lebih kecil dan kepala agak kecil,jantan suka bersiul sambil lompat lompat pada dahan,itu diantaranya ciri ciri yang saya lihat ketika burung ini akan bersarang bertelur dan beranak dikandang besar dihalaman rumah saya setelah 14 hari menetas 5(lima) ekor anaknya lucu2.

  2. gmana bedain gelatik betina dan jantan?

    • Sang jantan biasanya berbadan lebih besar dan tegap. Matanya lebih
      terang serta pangkal paruhnya berwarna merah tua. Sementara si betina warna
      paruhnya merah muda. Tapi ada cara termudah untuk membedakannya. Gelatik jantan
      bisa berkicau dengan variasi lebih banyak. Akan halnya gelatik betina hanya bisa
      berbunyi tik..tik..tik.

      Ciri gelatik jantan adalah pangkal paruh lebih tebal, warna merah,
      matanya lebih terang, dan kicauannya lebih bervariasi. Sedangkan
      betina paruhnya lebih tipis, warna merahnya lebih muda, matanya
      berwarna agak pudar, ukuran lebih kecil, dan hanya bisa berkicau
      tik…tik…tik.

      melalui metode molekular sexing sangat mahal dan hanya bisa dikerjakan di laboratorium. Celakanya, belum banyak laboratorium di Indonesia yang bisa mengerjakan hal tersebut.

      1. Bentuk paruh

      Bentuk paruh antara gelatik silver jantan dan betina secara sekilas hampir sama. Untuk membedakannya harus diamati secara teliti. Bagi penangkar, tentunya sudah terbiasa dan cepat dalam membedakannya. Lain halnya bagi yang masih awam harus mencermatinya benar-benar.

      Paruh gelatik siver jantan, lebih tebal membentuk lekukan pada bagian atas kepala. Paruh gelatik silver betina, hampir rata dengan bagian atas kepala.

      Bentuk paruh gelatik silver jantan lebih melebar jika dilihat dari depan. Sementara jika dilihat dari samping akan tampak lebih menebal. Bagian yang menebal ini terlihat jelas pada paruh bagian atas. Pada bagian atas lubang hidungnya kelihatan lebih menebal sehingga membuat lekukan pada kepalanya. Sementara pada yang betina bagian ini tidak terlalu tebal sehingga bagian atas kepala sampai ke ujung paruh terlihat lebih rata.

      Warna paruh umumnya sama antara yang jantan dengan betina. Namun jika dibandingkan, warna merah pada paruh gelatik silver betina cenderung lebih terang. Sementara pada paruh gelatik silver jantan lebih tajam (gelap).

      2. Bentuk tubuh

      Bentuk tubuh gelatik silver jantan dan betina hampir sama. Namun jika diamati, tubuh jantan akan kelihatan lebih panjang terutama pada bagian leher dan kaki. Namun, hal ini lebih dikarenakan kebiasaan gelatik silver jantan yang suka bertengger dengan tubuh yang tegak. Sedangkan yang betina umumnya saat bertengger kurang tegak dan lebih suka diam. Selain itu, kaki dan jemari yang jantan umumnya lebih panjang serta ramping dibanding betinanya.

      3. Suara yang diperdengarkan

      Baik gelatik silver jantan maupun betina dapat bersuara. Namun, suara pada yang betina hanya sedikit sehingga sering dikatakan tidak bersuara. Lain halnya pada yang jantan, suaranya lantang dan dapat membentuk kicauan. Kicauan ini cukup enak untuk dinikmati, meski saat ini hal tersebut kurang diperhatikan. Kicauan akan semakin keras saat masa berahi. Pada saat ini gelatik silver jantan menunjukkan kemampuannya untuk menarik pasangannya. Selain dengan suara, gelatik silver jantan juga memiliki sejenis tarian untuk memikat, sedangkan yang betina relatif lebih diam (pasif).

      lihat link ini:
      http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=6348

      trima kasih kunjungannya :lol:

      slmat mencoba, smoga bermanfaat

  3. mo tanya kalo gelatik bawang da ga, ciri2nya seperti apa bisa minta dikirim fotonya ga trus carinya dimana…tks

  4. mau tnya maz?brp hrga brung glatik jawa 1 psang….

    • maaf baru sempat balas …

      harganya murah, tak sampai seratus ribu …

      selamat berburu ke pasar burung… jika sudah dapat, boleh sharing lagi di sini :lol:

      trima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat :)

  5. om, saya mw tna, saya kan pna 1 psng gelatik jawa, itu mw saya ternakkan, tanda2x klo brung gelatik itu sdh bertelur gmn??

  6. Saya nyari Gelatik Silver dan Putih ada yg punya?

  7. Klo ada Gelatik Putih dan silver infonya donkkk dan berapa harganya?untuk dibudidayakan…tx

  8. Numpang nanya, apa sudah ada penangkar glatik jawa? mohon alamatnya bila sudah ada. Pingin sekali membiakkan glatik jawa yang berwarna indah yang ternyata di alam liar sudah hampir punah.

  9. ada mas di surakarta gelatik putih polos..tpi harganya ya lumayan….

  10. ini no HPny klo mau menghubungi….085728204999 (gelatk putih)

  11. di daerah cilegon burung GB msh bnyak di pasaran saya kira ga ada harganya…tapi yg paruhnya merah udah jarang di temui daerah mana yah yg masih banyak…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: